UMKM sebagai Soko Guru Perekonomian Masyarakat

  • Whatsapp
PELATIHAN barista, tata rias, dan bakery yang digelar Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kabupaten Badung di Bali Pastry College, Denpasar. Foto: ist
PELATIHAN barista, tata rias, dan bakery yang digelar Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kabupaten Badung di Bali Pastry College, Denpasar. Foto: ist

MANGUPURA – Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kabupaten Badung menggelar pelatihan barista, tata rias, dan bakery bagi masyarakat umum. Pelatihan bertujuan membangkitkan kembali semangat kerja di tengah kelesuan ekonomi sebagai dampak pandemi Covid-19. Pelatihan diselenggarakan selama empat  hari  dari 9-12 November 2020 diikuti 40 peserta.

‘’Ini merupakan upaya konkrit yang kita lakukan guna menggairahkan sektor UMKM di tengah pandemi, karena UMKM terbukti tangguh bertahan sebagai soko guru perekonomian masyarakat di masa susah,’’ ucap Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kabupaten Badung, Made Widiana, saat penutupan pelatihan pastry dan bakery di Bali Pastry College Denpasar, Kamis (12/11/2020).

Bacaan Lainnya

Widiana bilang, merebaknya Covid-19 membuat sektor perekonomian di Badung mengalami kelesuan. Tidak saja sektor pariwisata, sektor riil pun ikut terdampak signifikan akibat wabah tersebut.  Bahkan, tak sedikit perusahaan dan para pelaku usaha di Badung merumahkan karyawannya.

‘’Itulah salah satu tujuan kami menggelar pelatihan, untuk terus menggelar pelatihan kepada masyarakat untuk menopang perekonomian,’’ katanya. 

Ke depan, kata dia, instansinya akan fokus membantu pemasaran pelaku UMKM di Badung secara daring.  Saat ini, UMKM perlu mendapatkan sentuhan inovasi teknologi guna memperluas jangkauan jaringan pemasaran dari produk UMKM itu sendiri. 

Baca juga :  Galeri dan Kafe di Ubud Terbakar, Kerugian Tembus Rp2,5 Miliar

‘’Ke depan kita rancang program UMKM go digital. Ini memang ditujukan agar para pelaku UMKM bisa menemukan alternatif inspirasi dalam mengembangkan usahanya. Pelaku UMKM akan mudah dalam mempromosikan dan memasarkan produknya,’’ ucapnya. 020

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.