Dua Bale Pesandekan di Pura Pancering Jagat Roboh

  • Whatsapp
DUA bale pesandekan di Pura Pancerin Jagat, Desa Terunyan, Kintamani, roboh dan rata dengan tanah akibat angin kencang. Foto: ist
DUA bale pesandekan di Pura Pancerin Jagat, Desa Terunyan, Kintamani, roboh dan rata dengan tanah akibat angin kencang. Foto: ist

BANGLI – Angin kencang menghadirkan bencana di Pura Pancerin Jagat, Desa Terunyan, Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali. Dua bale pesandekan di pura tersebut roboh dan rata dengan tanah.

Camat Kintamani, I Wayan Bona, Selasa (23/2/2021) mengatakan, dua bale pesandekan tersebut rusak parah karena diterjang angin kencang disertai hujan deras.

Bacaan Lainnya

“Sesuai laporan warga kejadiannya tadi malam (kemarin). Saat itu wilayah Kintamani cuaca memang sangat ekstrem, angin kencang disertai hujan lebat,” ujarnya.

Birokrat asal Desa Terunyan itu memaparkan, kondisi bangunan yang beratap genteng itu hancur, dan berserakan di pelataran pura. Kayu-kayunya juga hancur.

Akibat kejadian itu warga pengempon mengalami kerugian ratusan juta rupiah. Selain merobohkan bangunan di Pura Pancerin Jagat, angin kencang ini  juga mengakibatkan pohon tumbang dan melintang di  ruas jalan.

Di lain, hujan deras mengakibatkan bencana tanah longsor di wilayah Banjar Kayu Kapas, Desa Kintamani. Tebing di tegalan milik Cok Alit sejak 10 hari mulai ambrol. Makin parahnya ambrol tebing setinggi 8 meter itu mengakibatkan satu KK warga di bawah tegalan  tersebut mengungsi ke sanak saudaranya.

“Sejak tebing itu mulai ambrol saya telah mengungsi ke rumah kerabat. Takutnya tebing itu menimpa rumah saya,” ujar Made Darmawa, warga Desa Batur tersebut.

Baca juga :  Prioritaskan Masyarakat, Fraksi Golkar DPRD Bali Tolak Rapid Test

Kata Darmawan, tebing itu empat kali ambrol, dan yang terjadi terakhir merupakan paling parah. Tebing itu jatuh ke sekitar pekarangannya, beruntung tebing itu belum menimpa rumahnya.

“Kalau hujan terus menerus turun kami sekeluarga tidak berani tinggal di lokasi. Kami berharap instansi terkait membantu menangani masalah ini agar kami bisa aman,” pintanya. gia

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.