Badung Target Vaksinasi di Zona Hijau Rampung pada April 2021

  • Whatsapp
WABUP Suiasa (tengah) saat memimpin rapat dengan para Lurah, Kaling, Bendesa Adat dan anggota LPM Kelurahan Tanjung Benoa, Benoa, dan Jimbaran di Kantor Camat Kuta Selatan, Kamis (25/3/2021). foto: ist

MANGUPURA – Dalam rangka mempercepat terwujudnya zona hijau (green zone) di wilayah penyangga Nusa Dua, Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, mulai menggencarkan dan memaksimalkan pelaksanaan vaksinasi di wilayah Kelurahan Tanjung Benoa, Benoa, Jimbaran dan Tuban.

Pada Kamis (25/3/2021), Wakil Bupati (Wabup) Badung, Ketut Suiasa, memimpin rapat koordinasi dengan para Lurah, Kaling, Bendesa Adat dan anggota LPM di wilayah kelurahan Benoa, Jimbaran, dan Tanjung Benoa di kantor Camat Kutsel, dengan didampingi Kadis Kesehatan dr. I Nyoman Gunarta dan Camat Kuta Selatan, Ketut Gede Arta.

Bacaan Lainnya

Wabup Suiasa menyampaikan, suksesnya pelaksanaan vaksinasi di wilayah zona hijau itu bisa dicapai, apabila semua pihak berkomitmen untuk berkolaborasi bekerja dalam memobilisasi masyarakat, menyiapkan tempat yang representatif dan menyiapkan peralatan yang dibutuhkan oleh tim vaksinasi dari pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Badung.

Saat ini, pihaknya sudah menyiapkan 56 tim mobiling untuk mengakselerasi program vaksinasi di wilayah zona hijau, dengan melibatkan pihak Poltekkes, Stikes dan Fakultas Kedokteran Unud.

Selain tiga kelurahan penyangga kawasan Nusa Dua, kelurahan Tuban juga didorong dan diusulkan menjadi zona hijau. Sebab Tuban merupakan pintu masuk wisatawan ke Bali. Jika Tuban tidak berstatus zona hijau, maka wisatawan diyakininya tentu masih ragu untuk datang ke Bali, walaupun Nusa Dua berstatus zona hijau. Karena itu penetapan zona hijau tersebut harus dilakukan dari hulu ke hilir.

Baca juga :  Update Covid-19 di Bali: Pasien Sembuh Bertambah 133 Orang, dalam Perawatan kini Tersisa 8,09%

Dipaparkannya, kick off vaksinasi di wilayah green zone sebenarnya telah dimulai dari 22 Maret 2021. Namun dari 56 tim mobiling yang disiapkan itu belum bisa full turun ke wilayah terkait, karena mereka masih bertugas menyelesaikan vaksinasi tahap 2 yang berlangsung di beberapa tempat. Saat ini tim yang sudah berjalan di Kutsel diakuinya baru mencapai 26 tim.

“Tadi kami koordinasikan agar 56 tim ini bisa bersamaan kick of untuk mewujudkan zona hijau nantinya. Tadi sudah kami hitung dan petakan, di Tuban kita akan diberikan 8-10 tim, sisanya di Kutsel. Lagi 2 hari tepatnya Sabtu tanggal 27, full tim sudah kick of,” jelas Suiasa.

Jika kick off full tim itu bisa berjalan dengan lancar, pihaknya optimis pada April target zona hijau itu bisa dirampungkan sesuai target. Namun kunci dari hal itu juga bergantung dari partisipasi masyarakat yang akan divaksinasi nantinya.

Hingga saat ini proses vaksinasi dari zona hijau tersebut diakuinya sudah mencapai 25 persen dari target total masyarakat di zona penyangga tersebut. “Sampai sejauh ini astungkara tidak ada kendala yang kami hadapi. Suplai vaksin juga lancar dan memenuhi,” sebut Wabup Suiasa.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Badung, dr. I Nyoman Gunarta, menyebutkan sampai saat ini sudah ada 19.979 masyarakat menerima vaksin di Kuta Selatan atau sekitar 25 persen dari sasaran yang ada.

Baca juga :  Ketua DPRD Karangasem Bantah Informasi Kantor DPRD Tutup

Adapun jumlah target masyarakat penyangga yang akan divaksinasi di tiga kelurahan penyangga Nusa Dua berjumlah 64 ribu orang, ditambah Tuban sebanyak 18 ribuan orang. Untuk vaksinasi di zona green zone tersebut semuanya memakai vaksin Astrazeneca yang jumlahnya sudah disesuaikan dengan jumlah penduduk terkait.

“Kita ada 56 tim yang disiapkan, kalau ada tambahan dari FK (Fakultas Kedokteran) Udayana dan sekolah-sekolah kesehatan, mungkin jumlahnya bisa ditambah. Jadi kita tinggal perlu memastikan sarana dan prasarana pendukung, karena setiap tim butuh 5 laptop dan printer 2. Selain itu, jaringan internet juga harus kencang di lokasi,” imbuhnya. gay

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.