NTB Tolak Kedatangan Kapal Viking Sun, Tapi Izinkan Albatros

  • Whatsapp
KAPAL Pesiar Albatros saat lego jangkar di Pelabuhan Gili Mas, Kecamatan Lembar, Lobar, Senin (9/3/2020). Foto: made sumada
KAPAL Pesiar Albatros saat lego jangkar di Pelabuhan Gili Mas, Kecamatan Lembar, Lobar, Senin (9/3/2020). Foto: made sumada

MATARAM  – Pemprov NTB berkomitmen akan mempersilahkan kapal-kapal pesiar masuk ke wilayah NTB, namun harus tetap dilakukan pemeriksaan ekstra ketat. Meski demikian, khusus satu kapal pesiar. Yakni, Viking Sun, Pemprov akan dilarang masuk ke Lombok. Hal itu dilakukan guna mewaspadai menyebarnya virus Corona.

“Selain itu, kapal Viking Sun juga enggak ada rute pelayaran ke Lombok. Makanya, wajarlah kalau kita tolak kedatanganya sama kayak daerah lainnya di Indonesia, seperti Surabaya dan Semarang,” tegas Wakil Gubernur NTB Hj. Sitti Rohmi Djalilah saar konferensi pers di Kantor Gubernur NTB, Senin (9/3/2020) petang.

Bacaan Lainnya

Sebelumnya, pemerintah Surabaya dan Semarang juga telah melakukan hal yang sama menolak masuknya kapal berbendera Norwegia tersebut. Wagub  Sitti Rohmi, mengatakan tidak ingin menjadi ancaman jika kapal tersebut dipaksakan bersandar di Lombok. “Viking Sun gak kita terima di sini. Kapal pesiar (lainnya) yang datang kita melakukan pemeriksaan ekstra ketat,” ujar Rohmi.

Sebelumnya, kapal tersebut ada indikasi penumpang suspect Corona, sehingga meminimalisir mewabahnya COVID-19 itu, kapal pesiar mewah tersebut tidak diizinkan masuk. “Karena kemarin ada indikasi, kita enggak mau, kita membatalkan dan dia juga membatalkan. Kita tidak mau terima kalau ada indikasi,” tegas Wagub Rohmi.

Baca juga :  Penggunaan KB Turun saat Pandemi Covid-19, Awas ''Baby Boom''

Meskipun Viking Sun ditolak, namun kapal-kapal pesiar lainnya akan tetap dapat masuk ke NTB namun dengan pemeriksaan ekstra ketat. Salah satunya, kapal pesiar MV Albatros dan MS Columbus. “Dalam tahun ini, ada sekitar 28 call kapal pesiar sandar di NTB. Insya Allah, besok pagi Tim KKP juga akan melakukan pemeriksaan ekstra ketat pada kapal MS Columbus. Kondisi pemeriksaan oleh tim KKP ini sama kayak kapal pesiar MV Albatros yang sudah sandar pada hari ini,” tandas Sitti Rohmi Djalilah.

ALBATROS DIIZINKAN

Diperbolehkannya kapal pesiar MV Albatros bersandar di Pelabuhan Gili Mas, kata Wagub Rohmi lantaran kapal berbendera Bahama itu telah melewati serangkaian pemeriksaan. Sehingga, dinyatakan negatif Covid-19. “Jadi, kapal pesiar asal Australia itu bebas virus  Corona, karena dari pemeriksaan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) hasilnya seluruh penumpang dan kru kapalnya tercatat, enggak ada yang terjangkit virus Corona. Makanya, kami persilahkan bersandar ke Pelabuhan Gili Mas,” ujar Wagub.

Wagub Rohmi mengaku, perlu menjelaskan terkait keberadaan dan kondisi penumpang MV Albatros yang sandar di Pelabuhan setempat pada Senin (9/3/2020) pagi hari pada Pukul 04.00 Wita. Kata Rohmi, proses pemeriksaan yang dilakukan selama tiga jam sejak kapal sandar hingga selesai pemeriksaan sekitar pukul 07.00 Wita, oleh tim KKP yang berjumlah sebanyak 10 orang itu, telah sesuai standar pemeriksaan internasional.

Baca juga :  Catat! Mulai Besok Pelanggaran PKM di Denpasar Ada Sanksi Teguran hingga Pencabutan Izin Usaha

Dijelaskannya, dalam pemeriksaan itu, diharuskan para penumpang kapal MV Albatros. Yakni, sebanyak 337 orang itu harus antri satu persatu terlebih dahulu untuk dilakukan chek up kondisi tubuhnya mereka. Namun sebelum itu, sebanyak kru dan ABK kapal berjumlah sebanyak 313 orang telah terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan. “Setelah dilakukan pemeriksaan, dan hasilnya negatif. Maka, sebanyak 170 orang penumpang yang sehat itu, diperbolehkan turun ke pelabuhan,” kata Rohmi.

Ia menuturkan, sebanyak 170 orang penumpang yang turun itu selanjutnya, mereka berkeliling ke sejumlah obyek wisata di Pulau Lombok. Hanya saja, distinasinya dibatasi. Yakni, hanya ke Museum Negri NTB di Mataram dan makan siang di kawasan Pantai Senggigi, Lombok Bara Sementara, sisanya hanya bermain sepeda di sekitar pelabuhan Gili Mas. 031

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.