Ada Corona, Bupati Lobar Siap Ikuti Pemeriksaan LKPD 2019

  • Whatsapp


LOBAR – Pandemi Covid-19 alias Corona tidak mengurangi spirit kerja Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan RI NTB untuk memeriksa Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2019. Hanya, skema yang digunakan BPK RI dalam kondisi ini penuh kehati-hatian. Tidak lagi menerapkan model tatap muka seperti pemeriksaan sebelumnya, sekarang dengan menerapkan sistem pelaporan secara daring atau virtual.

Terkait pemeriksaan itu, Bupati Lobar, Fauzan Khalid, tidak mempermasalahkan. Bupati saat video konferensi di Ruang Jayengrana, Kompleks Pemerintahan Kantor Bupati Lobar Giri Menang, Senin (13/4/2020) bersama Ketua BPK RI Perwakilan NTB dan bupati/Walikota se-Pulau Lombok, mengaku Pemkab Lobar siap mengikuti prosedur pemeriksan. Meski begitu, Fauzan memaparkan Lobar saat ini sebagai bagian pilot project TA 2019 yang diaudit akuntan publik. Terkait dengan penanganan Covid-19, dia minta BPK menyesuaikan standar-standar pemeriksaan itu dengan kondisi yang ada.

Bacaan Lainnya

Dia yakin pemeriksaan langsung akan lebih objektif ketimbang pemeriksaan lewat virtual. Karena itu dia mohon ketika ada komunikasi pemeriksaan lewat jalur virtual, unsur-unsur subjektivitas yang mungkin muncul karena  tidak ada perdebatan pemeriksaan secara langsung, supaya  diminimalisir. Dia minta yang paling terlibat dalam pemeriksaan ini di Lobar, yakni Inspektorat dan BPKAD, harus lebih berperan maksimal dalam konteks penanganan Covid-19 ini. “BPKAD itu ikut merealokasi anggaran dan ini selau berubah dari waktu ke waktu, karena kita sesuaikan dengan kondisi penyebaran Covid-19 di Lombok Barat  ini,” ungkapnya.

Baca juga :  Hari Keempat IBL 2021: Patriots Belum Terkalahkan, Louvre Dibekuk Bima Perkasa

Terkait penanganan Covid-19, dia minta Inspektorat lebih sering berkantor di BPBD Lobar untuk melakukan pendampingan kepada staf BPBD dalam  proses penganggaran, termasuk pertanggungjawaban. Harapannya agar eksekusi anggaran, termasuk realokasi dan fokus kembali anggaran tersebut. Fauzan mendaku pada intinya sangat siap untuk diperiksa, mengingat dokumen-dokumen yang diperlukan sudah siap. 033

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.