Warga Diimbau Taati Prokes Saat Upacara Ngaben

  • Whatsapp
KAPOLSEK Pupuan, AKP I Wayan Suastika, saat menemui Jero Bendera Adat Desa Kebon Padangan dan ketua panitia pengabenan di Wantilan Serbaguna Desa Kebon Padangan, Pupuan, Tabanan, Kamis (16/9/2021). foto: ist

TABANAN – Masyarakat peserta upacara keagamaan ngaben yang akan dilaksanakan di Desa Kebon Padangan, Kecamatan Pupuan, Tabanan, diimbau agar tetap menaati protokol kesehatan (prokes). Imbauan tersebut disampaikan Kapolsek Pupuan, AKP I Wayan Suastika, kepada Jero Bendera Adat Desa Kebon Padangan, I Made Sudika, dan Ketua Panitia Pengabenan, I Wayan Sudiasa, Kamis (16/9/2021).

Dalam penerapan prokes sebelum maupun sesudah upacara, kata Suastika, yaitu dengan tetap menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjauhi kerumunan. “Sesuai ketentuan, karena kita masih dalam masa PPKM, maka peserta pun dibatasi,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Imbauan tersebut, lanjut dia, sebagai salah satu upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19, khususnya di Kecamatan Pupuan. “Imbauan seperti ini kami sampaikan di tempat-tempat publik, baik secara langsung maupun dengan menggunakan media sosial. Ini juga sebagai upaya edukasi terhadap masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan, guna mencegah penyebaran Covid-19,” tegasnya.

Dalam pertemuannya dengan para tokoh masyarakat dan adat di Gedung Serbaguna Desa Kebon Padangan itu, Suastika juga melakukan pengecekan prokes dan imbauan di tempat yang akan dilaksanakan upacara pengabenan. Menurutnya, dari pemantauan di tempat yang akan dilakukan upacara ngaben tersebut telah disiapkan sarana prokes.

Baca juga :  Unud Kukuhkan Lima Guru Besar Tetap

“Walaupun telah ada sarana prokes, kami juga minta kepada jero bendesa adat dan ketua panitia untuk meneruskan tentang ketentuan PPKM level 3, sehingga tidak melanggar ketentuan yang berlaku. Begitu pula setelah selesai rangkaian upacara ngaben, yang biasanya dilanjutkan dengan upacara maajar-ajar ke Pura Goa Lawah Klungkung dan Pura Besakih Karangasem, agar panitia pelaksana berkoordinasi dengan pihak pemangku pura tersebut. Jangan sampai peserta melebihi dari kapasitas yang dibolehkan,” ujar Suastika.

Sementara itu, Jero Bendesa Adat Kebon Padangan mengatakan upacara pengabenan akan dilaksanakan pada Sabtu (18/9) besok. Jero bendesa adat dan ketua panitia pengabenan, menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajaran Polsek Pupuan yang telah mengingatkan tentang PPKM dan prokes. “Kami selalu mendukung program pemerintah, seperti yang disampaikan Kapolsek Pupuan. Terlebih saat ini masih masa pandemi Covid-19,” ucapnya. gap

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.