UNBK SMK Berlangsung Sesuai Jadwal

  • Whatsapp
JADWAL pelaksanaan UNBK SMK. Foto: istimewa
JADWAL pelaksanaan UNBK SMK. Foto: istimewa

DENPASAR – Di Bali, pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMK tahun ajaran 2019/2020 yang dimulai, Senin (16/3/2020) dipastikan berjalan terus sesuai jadwal. Kepastian itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga Provinsi Bali, I Ketut Ngurah Boy Jayawibawa.

Ia mengatakan, UNBK SMK yang mengujikan Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan Teori Kejuruan akan dilaksanakan sesuai jadwal. UNBK SMK akan berlangsung 4 hari, yaitu mulai Senin 16 Maret 2020 hingga Kamis 19 Maret 2020.

Bacaan Lainnya

‘’Untuk UNBK besok yang SMK berjalan sesuai dengan rencana, sesuai dengan jadwal. Jadi tidak ada yang perlu dikhawatirkan,’’ katanya, Minggu (15/3/2020).

Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud RI, pelaksanaan UNBK agar tetap memperhatikan protokol kesehatan. Hal ini untuk mengantisipasi wabah virus Corona atau Covid-19.

Terkait pelaksanaan UNBK, ada 8 protokol yang harus dilakukan. Yakni, menghindari kontak fisik langsung sebelum, selama dan sesudah ujian, mencuci tangan dengan air dan sabun atau hand sanitizer, tidak memaksakan hadir di sekolah bagi yang memiliki keluhan sakit dengan gejala demam/batuk/pilek/sakit tenggorokan/sesak nafas, memastikan ketersediaan alat pembersih sekali pakai di depan ruang ujian, membersihkan ruang ujian sebelum dan sesudah digunakan untuk setiap sesi UN, menghindari penggunaan alat tulis yang dipakai bersama dalam pengisian daftar hadir UN, tidak saling meminjam alat tulis atau peralatan lainnya. Serta jika ditemukan warga sekolah yang mengalami gejala infeksi Covid-19 agar kepala sekolah segera meminta yang bersangkutan untuk memeriksakan diri ke faskes terdekat.

Baca juga :  Positif COVID-19 di Indonesia Terus Bertambah, Saat Ini Total 277 Kasus

Jika terdapat kasus dalam jumlah besar, kepala sekolah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan setempat. “Itu saja dilaksanakan dengan baik. Jangan pernah khawatir,” jelasnya.

Kalau memang ada perkembangan lain, tentu pihaknya akan dipanggil oleh Sekda selaku Ketua Satgas Penanggulangan Covid-19 di Provinsi Bali. Sementara itu, UNBK SMA sesuai jadwal akan dilaksanakan mulai Senin (30/3/2020) sampai Kamis (2/4/2020). Untuk Program Paket C, UNBK dilaksanakan mulai Sabtu (4/4/2020) sampai Selasa (7/4/2020).

Tahun ini, peserta UNBK SMK di Pulau Dewata berjumlah 32.466 siswa. Jumlah itu tersebar di 166 SMK negeri dan swasta di 9 kabupaten/kota se-Bali. tra

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.