TP PKK Gianyar Borong Empat Gelar Juara, Jambore PKK Provinsi Bali

  • Whatsapp
TP PKK Gianyar ikuti lomba Jambore PKK serangkaian Hari Kesatuan Gerak PKK ke-48 Provinsi Bali tahun 2020. Foto: istimewa
TP PKK Gianyar ikuti lomba Jambore PKK serangkaian Hari Kesatuan Gerak PKK ke-48 Provinsi Bali tahun 2020. Foto: istimewa

GIANYAR – TP PKK Gianyar memborong empat gelar juara pada lomba Jambore PKK serangkaian Hari Kesatuan Gerak PKK ke-48 Provinsi Bali tahun 2020 di Gedung Ksrirarnawa Art Center Denpasar, Selasa (10/3/2020). Jambore PKK dibuka Gubernur Bali, I Wayan Koster, didampingi Ketua TP PKK Provinsi Bali, Putri Koster dan dihadiri Ketua TP PKK kabupaten/kota se-Bali.

Dalam jambore kali ini, materi yang diperlombakan antara lain, penyuluhan tertib administrasi PKK yang diikuti oleh ketua TP PKK desa/kelurahan, penyuluhan pola asuh anak dan remaja dengan penuh cinta dan kasih sayang dalam keluarga, penyuluhan pemberdayaan ekonomi keluarga melalui UP2K PKK. Selain itu lomba penyuluhan pemanfaatan lahan pekarangan melalui halaman asri, teratur, indah dan nyaman (Hatinya) PKK, penyuluhan pencegahan stunting pada balita, paduan suara (Mars PKK, Nangun Sat Kerthi  Loka Bali dan lagu Bali Merah Putih), senam Nangun Sat Kerthi Loka Bali serta lomba defile atau yel-yel 10 program Pokok PKK.

Bacaan Lainnya

Sama seperti tahun sebelumnya, pada jambore kali ini wakil Kabupaten Gianyar cukup diperhitungkan. Terbukti dengan raihan juara di antaranya, juara 2 lomba yel-yel 10 Program Pokok PKK, juara 2 lomba koor PKK, juara 1 lomba penyuluhan pemberdayaan ekonomi keluarga melalui UP2K PKK, dan juara 3 lomba penyuluhan pemanfaatan lahan pekarangan melalui halaman asri, teratur, indah dan nyaman (Hatinya) PKK, dan pada lomba koor juga meraih dirigen terbaik.

Baca juga :  Desa Pemecutan Kelod Bagi-bagi Nasi Gratis Untuk Warga Terdampak Covid-19

Atas raihan prestasi ini, Ketua TP PKK Gianyar, Surya Adnyani Mahayastra, yang turut hadir mendampingi peserta menyatakan rasa syukurnya atas capaian prestasi ini. Menurutnya, ini adalah buah dari hasil kerja keras semua pihak, bukan hanya TP PKK saja, namun masyarakat Kabupaten Gianyar.

Ditambahkan prestasi ini bukanlah instan, namun  ini merupakan sebuah kegiatan rutin yang dilakukan berkesinambungan. Dimana dari tahun tahun selalu dievaluasi.  Sehingga ketika lomba seperti saat ini, dan ada hasilnya juga akan dievaluasi, kekurangannya dimana, begitu juga keunggulannya dimana. Sehingga saat tampil di provinsi, TP PKK Gianyar bisa menampilkan yang maksimal.

“Jadi hasil ini adalah buah kerja keras kita bersama, dari tahun-tahun sebelumnya setiap mengikuti lomba selalu kita evaluasi bersama, setiap kekurangan kita perbaiki dan setiap kelebihan kita upayakan pertahankan dan terus ditingkatkan,” ujar Surya Adnyani Mahayastra.

Ditambahkan, tahun ini memang ada penambahan lomba disamping lomba rutin lainnya, seperti penyuluhan 10 program pokok PKK  di masing-masing pokja, yel-yel 10 program, koor PKK dan lomba senam Nangun Sat Kerthi Loka Bali. Ini baru ada tahun ini dan menurutnya, pihaknya sudah mempersiapkan matang melalui  kader-kader PKK di desa.

‘’Selain PKK, OPD terkait juga dilibatkan.  Disini sudah membentuk satu kesatuan, jadi istilahnya saling mendukung. Saling mendukung dan saling memberikan masukan,’’ terang istri Bupati Gianyar, Made Mahayastra ini. Turut hadir pada Jambore PKK ke-48, Kepala DPMD Gianyar, Dewa Ngakan Ngurah Adi, SE.,M.Si., Wakil Ketua 1 TP PKK Gianyar, Diana Dewi Agung Mayun; Wakil Ketua 2 TP PKK Gianyar, Dwikorawati Wisnu Wijaya dan pengurus TP PKK kabupaten maupun kecamatan. 011

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.