Tamba Libatkan Masyarakat Bersihkan Sungai Loloan

  • Whatsapp
BUPATI Tamba dan Wabup Ipat bersama masyarakat bersihkan sampah sungai Loloan, Jumat (25/6/2021). Foto: ist
BUPATI Tamba dan Wabup Ipat bersama masyarakat bersihkan sampah sungai Loloan, Jumat (25/6/2021). Foto: ist

JEMBRANA – Permasalahan sampah merupakan masalah serius yang harus ditangani bersama. Untuk mengurangi pencemaran sampah plastik di sungai, Bupati Jembrana, Nengah Tamba; bersama Wabup I Gede Ngurah Patriana Krisna (Ipat) melaksanakan gerakan clean up atau pembersihan sampah dengan melibatkan unsur TNI dan Polri serta pegawai dan seluruh lapisan masyarakat di Kelurahan Loloan Barat, Kecamatan Negara, Jumat (25/6/2021).

Bupati Tamba mengatakan, masalah sampah adalah masalah kita bersama. Maka dari itu, ia berharap dalam permasalahan sampah harus segera dituntaskan. ‘’Saya mengajak kembali untuk bersama-sama dalam menanggulangi sampah, apalagi saat ini terdapat Pergub Nomor 47 tahun 2019 tentang Pengelolaan Sampah Berbasis Sumber. Pergub ini terdiri dari 13 bab dan 40 pasal dengan tujuan untuk mewujudkan budaya hidup bersih serta meningkatkan kualitas lingkungan hidup dan kesehatan masyarakat,’’ jelasnya.

Bacaan Lainnya

Di sungai itu nantinya akan diperuntukkan sebagai ruang terbuka hijau dan zona kebudayaan khususnya pelestarian rumah panggung loloan. “Bila mana tempat sudah bersih, kami akan segera membangun ruang terbuka hijau dan pelestarian rumah panggung loloan,’’ ungkapnya.

Dalam penanganan sampah ini, harus benar-benar ditangani, terlebih dirinya apalagi sudah dilantik sebagai Sekretaris Bidang Lingkungan dan Hutan Apkasi. ‘’Apalagi sekarang saya sudah dinobatkan sebagai sekretaris di bidang lingkungan dan hutan  Apkasi, jadi itu menjadi konsisten sekali dalam penangan lingkungan di Jembrana,’’ seru Tamba.

Baca juga :  Balawista Gianyar Terkendala Alat Penyelamatan

Pihaknya mengajak seluruh lapisan masyarakat ikut serta berpartisipasi dalam memilah sampah dan ikut menyukseskan program pemerintah  dalam penanganan dan penanggulangan sampah di Kabupaten Jembrana. ‘’Saya berharap, kepada seluruh lapisan masyarakat Jembrana turut berpartisipasi dalam menyukseskan program pemerintah dalam penanganan dan penanggulangan sampah dan saya sendiri sangat mensuport dalam penangan sampah hari pada hari ini,’’ pungkasnya. man

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.