Pemandangan Umum Fraksi DPRD Bangli, Kinerja dan Perubahan Status PDAM Jadi Sorotan

  • Whatsapp
SIDANG paripurna dengan agenda Pemandangan Umum Fraksi-fraksi terhadap lima raperda yang disampaikan eksekutif, Selasa (15/6/2021) dengan dipimpin Ketua DPRD Bangli, I Ketut Suastika. Foto: ist
SIDANG paripurna dengan agenda Pemandangan Umum Fraksi-fraksi terhadap lima raperda yang disampaikan eksekutif, Selasa (15/6/2021) dengan dipimpin Ketua DPRD Bangli, I Ketut Suastika. Foto: ist

BANGLI – DPRD Bangli melanjutkan sidang paripurna dengan agenda Pemandangan Umum Fraksi-fraksi terhadap lima raperda yang disampaikan eksekutif, Selasa (15/6/2021) dengan dipimpin Ketua DPRD Bangli, I Ketut Suastika. 

Fraksi Restorasi Hati Nurani dengan juru bicara I Ketut Guna menyoroti langkah apa yang diambil PDAM untuk perluasan jaringan pelayanan, agar seluruh masyarakat Bangli bisa menikmati air minum. Terkait Opini WTP dari BPK RI, Guna berkata itu sebagai penghargaan agar pemerintah mampu mengelola anggaran yang lebih baik. Dia berharap predikat itu tidak berubah, karena melihat masih banyak kekurangan dan kelemahan dalam LPJ tahun 2020.

Bacaan Lainnya

“Kami minta perangkat daerah bersinergi merencanakan kerja sesuai dengan isu daerah, seperti masalah anak putus sekolah, infrastruktur. Jadi, nanti apa yang direncanakan dalam lima tahun ke depan bisa menyentuh kepentingan rakyat secara umum,” serunya.

Fraksi Demokrat dengan juru bicara Made Krisnawa mengapresiasi eksekutif yang dapat melaporkan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tepat waktu, dan berharap Opini WTP dapat dipertahankan. Terkait Raperda tentang RPJMD Semesta Berencana Kabupaten Bangli Tahun 2021-2026, Demokrat minta eksekutif melakukan kajian menyeluruh berkaitan rencana pinjaman yang akan dilaksanakan. Kepada PDAM Bangli, Demokrat minta memberi layanan prima kepada konsumen dengan kerja profesional, dan dapat meningkatkan PAD.

Baca juga :  Cegah Penyebaran Corona, Anggota Polres Tabanan Wajib Tes Usap

“Harus dapat lebih profesional dan teknis, kebijakan jangan sampai berlebihan masuk ke ranah politik praksis agar lebih profesional,” sebutnya.

Mengenai Raperda tentang Perubahan Atas Perda Nomor 13/2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah, Demokrat memandang sangat penting dan mendesak melakukan perubahan ke hal-hal yang lebih efisien, efektif, profesional berkaitan tujuan pelayanan hak hak dasar masyarakat. “Kami sangat mendorong kepada proses percepatan, kreatif, inovatif, out off the box, serta mengikuti perkembangan teknologi dengan mendorong semua berbasis teknologi digital,” ulasnya.

Fraksi PDIP dengan juru bicara Ni Nengah Dwi Madya Yani menguraikan, dari lima raperda yang diserahkan itu agar eksekutif berpegang pada peraturan perundang-undangan, sehingga perda yang dihasilkan tidak bertentangan dengan peraturan yang lebih tinggi.

Perangkat daerah diminta dapat meningkatkan SDM masing-masing untuk menguasai sistem teknologi seiring perkembangan. Sebab, banyak sistem menggunakan aplikasi dan sistem manajemen pengelolaan keuangan yang modern. ”Ini penting dilakukan, karena kita akan dituntut untuk hal-hal tersebut lebih baik,” ucapnya.

Sementara Fraksi Partai Golkar dengan juru bicara I Nengah Darsana memberi perhatian terhadap diubahnya status PDAM ke Perusda, dan berharap ada peningkatan dari sisi pelayanan maupun manfaat untuk memperluas jangkauan pelayanan. Tentang RPJMD Semesta Berencana, fraksi ini berharap perencanaan betul-betul bermanfaat sesuai dengan kebutuhan saat ini, mengedepankan skala prioritas daerah, serta menyesuaikan dengan kondisi saat ini.

Baca juga :  Tata Lingkungan Dermaga Sampalan, Bupati Suwirta-Kapolda Bali Bahas Pertukaran Aset

Tentang LPJ Pelaksanaan APBD 2020 yang dapat mempertahankan Opini WTP, Golkar minta dapat dipertahankan dan ditingkatkan lagi, terutama dengan adanya SIPD yang akan sangat memudahkan perencanaan sampai pelaporan pertanggungjawaban. “Tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah, kami mengharapkan agar ASN dapat ditempatkan sesuai fungsi dan keahliannya, serta penggabungan OPD agar memberi manfaat dan lebih efektif,” tandasnya. gia

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.