Pasar Blahbatuh Terbakar, 10 Unit Damkar Turun Tangan, Mahayastra Minta Prioritas Amankan Rumah Warga

  • Whatsapp
KEBAKARAN melanda Pasar Umum Blahbatuh, Gianyar, Selasa (15/6/2021) sekitar pukul 17.00. Foto: adi
KEBAKARAN melanda Pasar Umum Blahbatuh, Gianyar, Selasa (15/6/2021) sekitar pukul 17.00. Foto: adi

GIANYAR – Pasar Umum Blahbatuh di Jalan Raya Wisma Gajah Mada, Banjar Kebon, Blahbatuh terbakar pada Selasa (15/6/2021) sekitar pukul 17.00. Sampai berita ini ditulis, penyebab kebakaran belum dapat dipastikan. 

Berdasarkan pantauan di lapangan, sekitar pukul 17.00 tampak asap hitam mengepul di atas pasar tersebut. Api begitu cepat merembet ke semua bangunan pasar, meski belum diketahui dari mana sumber api berasal. Kebakaran hebat itu menghadirkan situasi sangat mencekam di seputaran pasar. Posisi pasar yang berdekatan dengan rumah warga, membuat warga sekitar jadi panik dan khawatir jilatan api merembet ke rumah mereka. Untuk mencegah korsleting, aliran listrik di pasar dipadamkan.

Bacaan Lainnya

Untuk mengamankan upaya pemadaman api, arus lalu lintas dari arah barat, timur dan utara ditutup. Karena besarnya kebakaran, ratusan warga justru memadati areal di seputaran pasar. Kondisi ini justru menyulitkan petugas pemadam kebakaran yang hendak memadamkan api, karena banyaknya warga  berjejal memadati jalan.

Di tengah suasana mulai gelap, banyak pedagang berusaha menyelamatkan barang dagangan yang masih bisa dibawa. Para pedagang pasar senggol yang pada jam itu sudah buka, spontan bergegas menyelamatkan diri serta barang dagangannya.

Bupati Gianyar, Made Mahayastra, yang tak lama berselang mendatangi lokasi kejadian mengatakan, melihat kondisi api sangat besar, dia sadar upaya pemadaman sulit terwujud dalam waktu singkat. “Kami minta untuk petugas utamakan mengamankan rumah-rumah warga terlebih dahulu,” pintanya saat ditemui di lokasi. 

Baca juga :  Gadis Korban Pencabulan Trauma, Polisi Kesulitan Gali Keterangan

Kadis Perindustrian dan Perdagangan Gianyar, Ni Luh Gede Eka Suari, yang juga ada di TKP mengatakan, di pasar itu terdapat 602 pedagang. “Keseluruhan dari depan hingga ke belakang ada 602 pedagang,” katanya singkat. 

Karena api sulit dijinakkan, Kepala Kasatpol PP dan Damkar Gianyar, Made Watha, harus minta bantuan unit damkar lintas kabupaten. Bantuan datang dari Damkar Denpasar, Klungkung, Bangli dan Badung. Total ada 10 unit mobil damkar dikerahkan untuk mengatasi amukan si jago merah tersebut, terdiri dari lima unit dari Damkar Gianyar, 1 unit dari Damkar Klungkung, dua unit dari Damkar Bangli, dan dua unit dari Damkar Denpasar. adi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.