Gianyar Kejar Peringkat Utama Kabupaten Layak Anak

  • Whatsapp
RAPAT koordinasi menyongsong Verifikasi Lapangan Hybrid (VLH) Evaluasi Kabupaten Layak Anak (KLA) Tahun 2021, Selasa (15/6/2021). Foto: adi
RAPAT koordinasi menyongsong Verifikasi Lapangan Hybrid (VLH) Evaluasi Kabupaten Layak Anak (KLA) Tahun 2021, Selasa (15/6/2021). Foto: adi

GIANYAR – Menyongsong Verifikasi Lapangan Hybrid (VLH) Evaluasi Kabupaten Layak Anak (KLA) tahun 2021, Pemkab Gianyar menggelar rapat di Bappeda Gianyar, Selasa (15/6/2021). Rapat dipimpin Sekda Made Gede Wisnu Wijaya didampingi Kepala Bappeda, I Gede Widarma Suharta; Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Gianyar, Cokorda Gede Bagus Lesmana Trisnu, serta OPD di lingkup Pemkab Gianyar. Gianyar pada tahun ini mengejar status Utama KLA.

Wisnu Wijaya mengatakan, menjadi Kabupaten Layak Anak (KLA) sangat penting karena anak-anak memegang peranan penting dalam mencetak generasi bangsa. Dari tahun 2014, sebutnya, Kabupaten Gianyar mulai mencanangkan KLA dengan dideklarasikan serta penandatanganan komitmen bersama. Pada tahun 2016 Gianyar sudah berada di tingkat madya.

Bacaan Lainnya

“Jadi kita meningkat ke madya tanpa melalui predikat pratama terlebih dahulu. Ini merupakan salah satu komitmen sebagai Tim Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak yang terus bekerja, sehingga terus mengalami peningkatan,“ ujarnya.

Dijelaskannya, tahun 2017 Gianyar terus bekerja keras supaya bisa meningkatkan peringkat sebagai Kabupaten Layak Anak, dan tahun 2019 mencapai peringkat nindya. Pada tahun 2021 Gianyar adalah satu-satunya kabupaten yang diverifikasi terkait data yang dikirimkan untuk menuju tingkat utama. Sesuai dengan harapan Bupati Gianyar, pada tahun 2022 nanti 70 desa dan kelurahan akan menjadi Desa/Kelurahan Layak Anak.

Baca juga :  Cegah Penyebaran Covid-19, Denpasar Gandeng Pilar-pilar Sosial Begerak “Door To Door”

Pada kesempatan itu dia minta semua OPD menyiapkan data guna mendukung pelaksanaan VLH Evaluasi KLA tahun 2021 yang akan berlangsung pada Kamis (17/6) nanti. Verifikasi akan dilakukan tim dari Kementerian PPA RI. “Diharapkan dinas terkait dapat menyiapkan data guna mendukung Evaluasi Kabupaten Layak Anak (KLA) tahun 2021, sehingga Kabupaten Gianyar bisa meraih peringkat Utama KLA,” tegasnya.

Terkait VLH tersebut, Gede Widarma Suharta berujar dilakukan secara daring. Gianyar saat ini berada di tingkat Nindya, karena tahun lalu tidak dilakukan penilaian akibat Covid-19. Pada tahun ini, Gianyar akan berjuang bersama-sama untuk meningkatkan peringkat menjadi Utama. Sebagai catatan, satu kabupaten/kota di Bali yang berada di tingkat Utama yakni Kota Denpasar. 

Suharta menambahkan, untuk persiapan VLH akan dilakukan di beberapa tempat, di antaranya ruang Command Center khusus digunakan oleh forum anak daerah. Untuk lainnya akan dilakukan daring dari kantor masing-masing mengingat penerapan protokol kesehatan. Sementara untuk proses verifikasi dipusatkan di ruang sidang I kantor Bupati Gianyar yang dihadiri OPD Pengampu Utama KLA. 

Cokorda Gede Bagus Lesmana Trisnu menguraikan, kegiatan perlindungan anak merupakan tanggung jawab semua sektor; semua yang mempunyai anak harus memberi perlindungan kepada anak. Yang dimaksud anak adalah mereka yang belum berusia 18 tahun atau masih ada dalam kandungan. “Permasalahan anak banyak ditemukan di masyarakat, seperti kekerasan anak, pornografi dan lainnya yang harus kita cegah dan bentengi dengan pendidikan keluarga,” ulasnya. adi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.