Gali Tanah Proyek, Pekerja Temukan Ini

  • Whatsapp
PETUGAS mengecek benda purbakala yang ditemukan pekerja proyek di Banjar Dauh Uma, Kelurahan Bitera, Gianyar. Foto: ist
PETUGAS mengecek benda purbakala yang ditemukan pekerja proyek di Banjar Dauh Uma, Kelurahan Bitera, Gianyar. Foto: ist

GIANYAR – Beberapa pekerja proyek di Banjar Dauh Uma, Kelurahan Bitera, Gianyar menggali tanah untuk membuat saluran sanitasi septictank, Sabtu (19/9). Namun, saat menggali di kedalaman dua meter, pekerja mendapati temuan tulang-belulang dan bekal kubur berupa alat menggali tanah pertanian berbahan perunggu.

Temuan itu baru dilaporkan ke petugas, Minggu (20/9). Bhabinkamtibmas Kelurahan Bitera, Aiptu I Wayan Mustika, kemudian mendatangi lokasi bersama tim dari kantor Purbakala Gianyar. 

Bacaan Lainnya

Aiptu Mustika, Senin (21/9) menuturkan, pada Sabtu (19/9) malam dia dihubungi pemilik proyek, Dominggus, yang berkata ditemukan barang purbakala di lokasi proyek rumah miliknya. “Setelah mendapat laporan itu, saya besoknya ke sana mendampingi tim dari kantor Purbakala Gianyar. Setelah dicek, benda tersebut diamankan sementara sembari menunggu tim Purbakala Provinsi Bali,” jelasnya.

Ditemui di lokasi proyek, Senin (21/9), salah satu pekerja bernama Didik menuturkan, dia ikut menggali dan menemukan barang purbakala tersebut. Karena yakin benda itu bukan benda sembarangan, buruh proyek melaporkan temuan tersebut. “Saat kami lihat ada tulang-belulang dan alat pertanian dari perunggu, kami langsung beritahu pemilik proyek,” ungkapnya.

Sekretaris Lurah Bitera turut melakukan pengecekan ke lokasi temuan. Menurutnya, lokasi penemuan dulunya merupakan area persawahan. 011

Baca juga :  Partai Demokrat Peduli Tim Medis Covid-19

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.