DPRD Karangasem Setujui Dua Raperda Dibahas Lebih Lanjut

  • Whatsapp
DPRD Karangasem, Senin (14/6/2021) menggelar rapat paripurna dengan agenda Pemandangan Umum Fraksi-fraksi terhadap dua rancangan peraturan daerah (raperda). Foto: ist
DPRD Karangasem, Senin (14/6/2021) menggelar rapat paripurna dengan agenda Pemandangan Umum Fraksi-fraksi terhadap dua rancangan peraturan daerah (raperda). Foto: ist

KARANGASEM – DPRD Karangasem, Senin (14/6/2021) menggelar rapat paripurna dengan agenda Pemandangan Umum Fraksi-fraksi terhadap dua rancangan peraturan daerah (raperda). Raperda dimaksud yakni Raperda RPJMD Semesta Berencana Kabupaten Karangasem Tahun 2021-2026, dan Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2020. Seluruh fraksi dalam rapat tersebut menyatakan setuju dua raperda dimaksud dibahas lebih lanjut.

Rapat paripurna dipimpin Ketua DPRD Karangasem, I Wayan Suastika, tersebut dihadiri seluruh anggota fraksi dan Bupati Karangasem, I Gede Dana, bersama seluruh OPD di lingkungan Pemkab Karangasem. Fraksi PDIP melalui juru bicara I Gede Parwata menyampaikan mendukung sepenuhnya kebijakan Pemkab, mendukung dua raperda tersebut untuk dibahas lebih lanjut. Dari pencermatan fraksinya terkait dua materi raperda tersebut, Fraksi PDIP akan mendukung sepenuhnya kebijakan pemerintah yang berfokus kepada tujuan membangun dan menyejahterakan masyarakat Karangasem.

Bacaan Lainnya

“Pada prinsipnya kami dapat menerima untuk dibahas lebih lanjut sesuai jadwal yang telah ditetapkan,” tegas Parwata. 

Ni Putu Sriani dari perwakilan Fraksi Catur Warna dalam pemandangan umumnya menyampaikan, pada prinsipnya Fraksi Catur Warna juga mendukung kebijakan pemerintah yang berfokus kepada tujuan pembangunan dan menyejahterakan masyarakat Karangasem. “Pemerintah daerah harus lebih fokus dalam percepatan pertumbuhan ekonomi, investasi dan kesehatan walaupun pada masa pandemi ini,” serunya.

Baca juga :  KPU Karangasem Tetapkan Daftar Pemilih Sementara, Ini Jumlahnya

Untuk mendukung pertumbuhan ekonomi, menurutnya, diperlukan adanya investasi untuk mengembangkan potensi yang ada. Selain itu akan membuka usaha-usaha baru dan menciptakan lapangan pekerjaan. Untuk itu perlu kajian terhadap potensi wilayah yang memerlukan investasi. Dalam penanggulangan kemiskinan, tambahnya, pemerintah diminta lebih fokus menyentuh faktor-faktor penyebab kemiskinan yang mendasar, dengan mengoptimalkan koordinasi dan sinkronisasi program kegiatan yang ada.

Fraksi Nasdem dalam pemandangan umumnya juga dapat menerima dan menyetujui kedua raperda bisa dibahas lebih lanjut. Sementara Fraksi Gerindra dalam pemandangan umumnya banyak memberi usul dan saran, antara lain minta Pemkab Karangasem bisa meningkatkan usaha-usaha, baik secara intensifikasi maupun ekstensifikasi, dalam rangka peningkatan PAD khususnya di sektor pajak galian C. 

“Refocusing anggaran baik yang sudah dan akan dilakukan harus benar-benar bertujuan untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan seluruh masyarakat Karangasem, bukan untuk kepentingan kelompok atau golongan tertentu,” lugas I Made Dondo Wijaya, anggota Fraksi Gerindra yang membacakan pemandangan umum. Fraksi Gerindra juga mengusulkan agar eksekutif bisa membuat program produktif dan fokus pada penanganan Covid-19, serta program pemulihan ekonomi masyarakat akibat pandemi. nad

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.