Desa Adat Ketewel Akan Gelar Sipeng Sehari

  • Whatsapp
BENDESA Adat Ketewel, I Wayan Ari Suthama. Foto: ist
BENDESA Adat Ketewel, I Wayan Ari Suthama. Foto: ist

GIANYAR – Serangkaian upacara tawur kesanga yang akan digelar Desa Adat Ketewel, Sukawati, Rabu (22/4/2020) dan keesokan harinya Kamis (23/4/2020) akan dilanjutkan dengan sipeng (Nyepi) atau tidak boleh keluar rumah. Hanya saja, tidak ada penutupan jalan, tapi berlandaskan kesadaran semua orang yang tinggal di lingkungan Desa Adat Ketewel. Hal itu diungkapkan Bendesa Adat Ketewel, I Wayan Ari Suthama, Selasa (21/4/2020).

Lebih lanjut dikatakannya, pihaknya akan menggelar sipeng pada 23 April 2020 ini. Sipeng ini berkaitan dengan upacara tawur kesanga. Ari menjelaskan sesuai dresta (aturan), Desa Adat Ketewel tidak menggelar tawur kesanga pada sehari sebelum Hari Raya Nyepi. Karena, dresta setempat menilai itu adalah uncal balung atau tidak boleh menggelar upacara keagamaan. 

Baca juga :  Tren Gaya Hidup Positif pada Fase Normal Baru

Dikatakanya, tawur kesanga di Ketewel, dilakukan pada tilem kedasa yang jatuh pada, Rabu (22/4/2020). “Upacara tawur kesanga kami gelar pada Rabu, dan besoknya sipeng (nyepi). Seperti Hari Suci Nyepi, sipeng ini kami gelar 24 jam, dimulai dari pukul 06.00 wita dan berakhir pada pukul 06.00 wita esoknya. Kami tidak menutup jalan raya. Sipeng ini hanya interen. Baik itu krama adat yang asli Ketewel maupun krama tamu yang tinggal di Desa Ketewel tidak boleh keluar rumah. Di sini ada 11 banjar, dengan jumlah kepala keluarga sebanyak 1.544 orang, dengan total warga kurang lebih 8.000 jiwa,” jelasnya.

Diungkapkanya, sebelum sipeng, pihaknya telah memberikan sembako untuk semua KK di Desa Adat Ketewel, yang bersumber dari pengelelolaan LPD Ketewel, total sembako yang dibagikan 15 ton beras, ribuan telur, 5.000 masker dan disinfektan. Namun KK yang mendapatkan bantuan yang bersumber dari dana LPD ini. Yang mendapatkan bantuan sembako, selain yang mendapatkan bantuan sembako dari pemerintah. 

Baca juga :  KPU Bali Tak Sepakat Pemilih di TPS Dikurangi

“Kami sudah menyerahkan sembako di masing-masing KK pada 17 April 2020 lalu,” pungkasnya. 011

banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 SMK BALI DEWATA

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.