Angkot Jadi Angkutan Siswa Gratis, Sopir Angkot Tetap Eksis

  • Whatsapp
ANGKUTAN siswa gratis bekerja sama dengan angkot yang beroperasi di Kabupaten Gianyar. Foto: adi
ANGKUTAN siswa gratis bekerja sama dengan angkot yang beroperasi di Kabupaten Gianyar. Foto: adi

GIANYAR – Selama pandemi Covid-19 ini banyak orang kehilangan pekerjaan, tapi itu tidak berlaku bagi sopir angkot di Gianyar. Sebab, mereka bekerja sama dengan Pemkab Gianyar untuk angkutan siswa gratis. Hal itu diungkapkan Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) Gianyar, Wayan Ari Semadi, Selasa (8/6/2021).

Organda Gianyar, ucapnya, selama ini menaungi berbagai jasa transportasi di Gianyar. Mulai dari bus travel, transportasi pariwisata hingga angkot. Dari sejumlah jenis transportasi ini, hanya angkot yang masih bisa eksis di tengah minimnya pengguna jasa transportasi. “Hanya angkot yang masih bisa tersenyum, meskipun tidak tersenyum lebar,” sebutnya. 

Bacaan Lainnya

Meskipun jenis transportasi selain angkot kondisinya lesu, sejauh ini dia mendaku belum menerima informasi ada perusahaan bus maupun transportasi pariwisata yang sampai menjual armadanya. Untuk bus, kata dia, masih tetap dipertahankan karena kebetulan yang punya termasuk kalangan berduit. Artinya mereka masih mampu untuk pemeliharaan. Selain itu, terkadang mereka juga dapat penumpang walaupun tidak sesering dulu.

Sementara untuk transportasi pariwisata, kata Semadi, saat ini kendaraan mereka lebih banyak dialihfungsikan. “Dulu dipakai mengantar jemput wisatawan, sekarang dipakai untuk berjualan,” ungkapnya.

Terkait eksistensi sopir angkot, Semadi menyebut hal tersebut tidak terlepas dari sudah mulai dibukanya pembelajaran tatap muka. Selain itu program angkutan siswa gratis dari Bupati Gianyar, Made Mahayastra, juga berjalan, sehingga siswa tetap memilih untuk menggunakan jasa transportasi tersebut. 

Baca juga :  Dua Pasien Corona di Gianyar Meninggal, Tiga Sembuh

“Di luar mereka mengangkut penumpang umum, mereka juga sekarang bisa mengangkut siswa. Sebelum pembelajaran tatap muka dibuka di Gianyar, nasib angkot juga sama seperti transportasi lainnya,” tandasnya. adi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.