Anggaran Habis, Sampah di Karangasem Terancam Tak Tertangani

  • Whatsapp
I Gede Yudiantara. Foto: nengah adi suda dharma
I Gede Yudiantara. Foto: nengah adi suda dharma

KARANGASEM – Sampah di Kabupaten Karangasem terancam tak tertangani. Menyusul kritisnya anggaran untuk honor tenaga kebersihan seperti tukang sapu dan operesional DLH Karangasem.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Karangasem, I Gede Yudiantara saat ditemui di kantor DLH Karangasem mengatakan, pihaknya sudah mengusulkan kebutuhan riil kepada tim anggaran. ‘’Namun dalam pembahasan kemungkinan keterbatasan anggaran, sehingga kami dianggarkan melalui BKK,’’ ujarnya, Rabu (11/3/2020).

Bacaan Lainnya

Namun saat ini, lanjut dia, BKK dari Kabupaten Badung kepastiannya sejauh ini belum jelas mengingat situasi kondisi pariwisata Bali belakangan ini lesu dampak virus Corona. Jika kondisi ini terus berlanjut, sebanyak 546 tenaga kebersihan dan pertamanan yang ada di DLH Kabupaten Karangasem dipastikan tidak dapat gaji pada April mendatang hingga seterusnya.

Tak hanya tenaga kerja, biaya operasional untuk 31 armada juga tidak ada. Apabila kondisi ini tidak ada solusinya maka dipastikan sampah di Kabupaten Karangasem tidak tertangani. ‘’Semoga ada jalan, untuk langkah awal kita sudah koordinasi dengan TAPD dan mereka tentunya sudah bergerak,’’ jelasnya.

Sebelumnya, dalam rapat kerja gabungan eksekutif dan legislatif pada Selasa (10/3/2020),  Asisten I, I Wayan Purna, sempat menyinggung kondisi anggaran DLH Karangasem yang diarahkan ke BKK dari Kabupaten Badung. ‘’Dana belanja kontraknya baru teranggarkan hanya sampai April mendatang, kegiatan ini diarahkan ke BKK dari Kabupaten Badung dimana sejauh ini belum ada kepastiannya,’’ kata Wayan Purna.

Baca juga :  Lima Tahapan Menuju Masyarakat Aman Covid-19 dan Produktif

Pihaknya meminta selain persoalan BPJS Kesehatan, anggaran DLH juga menjadi penting untuk dicarikan solusi karena mau tidak mau April atau Mei mendatang harus sudah ada dana. Jika persoalan ini tidak segera dicarikan solusinya maka sampah dan kebersihan di Kabupaten Karangasem terancam tidak terurus. 017

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.