Tuding Ada Masalah Internal, AMPG Desak Musda Golkar Gianyar Ditunda

  • Whatsapp
GUSTI Agung Ngurah Arika Sudewa. Foto: Ist
GUSTI Agung Ngurah Arika Sudewa. Foto: Ist

GIANYAR – Ketua Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) Gianyar, Gusti Agung Ngurah Arika Sudewa, mendesak Musyawarah Daerah (Musda) Golkar Gianyar yang rencananya digelar akhir Juli, ditunda. Alasannya, ada beberapa hal yang perlu dibereskan sebelum Musda tersebut. “Saya dengar Musda 29 Juli. Kami minta ditunda dulu, karena ada pertanyaan yang belum dibalas DPP Golkar,” ujarnya, Senin (27/7/2020). 

Lebih lanjut dikatakan, AMPG mengirim surat ke DPP Partai Golkar pada 13 Juli lalu perihal beberapa masalah di tubuh Golkar Gianyar semasa kepemimpinan Pelaksana Tugas (Plt), Made Dauh Wijana. Surat dikirimkan ke Ketua Umum Airlangga Hartarto; Ketua Dewan Pembina, Aburizal Bakrie; dan Ketua Dewan Etik, Mohamad Hatta. Ada beberapa hal yang disampaikan dalam surat tersebut. “Mewakili kader Golkar Gianyar, (kami) berkeinginan menyampaikan pendapat, aspirasi, dan dugaaan pandangan politik,” ungkapnya.

Bacaan Lainnya

Dalam surat itu, dia minta DPP Partai Golkar mengirim tim untuk mengusut beberapa dugaan penyimpangan. Antara lain masalah keuangan partai bernilai ratusan juta rupiah, yang tidak jelas pengelolaan dan peruntukannya. Dia pun mendesak agar anggota Fraksi Golkar DPRD Gianyar dimintai keterangan terkait penyimpangan yang terjadi.

Selain keuangan, sambungnya, dalam surat itu AMPG juga mempertanyakan pencalonan Tjokorda Raka Kertyasa alias Cok Ibah dari daftar caleg saat Pileg 2019. Hal itu dinilai sebagai kesalahan krusial. Bila Cok Ibah dipasang menjadi caleg, dia yakin Golkar dapat mengamankan satu kursi. Ukurannya, Cok Ibah pada Pileg 2014 mampu meraih 24 ribu suara.

Baca juga :  Antari Jaya Negara Berbagi Kasih, Serahkan Bantuan Kursi Roda di Peguyangan Kaja

Hal lain yang dipersoalkan adalah adanya rangkap jabatan di tubuh pimpinan Golkar Gianyar. “Berdasarkan ketentuan dalam AD/ART Partai Golkar, dilarang ada rangkap jabatan dalam kepengurusan partai,” lugasnya.

Sudewa berharap pertanyaan yang dikirim tertulis itu bisa dipahami DPP Partai Golkar, dan mau mengirimkan tim ke Gianyar. Dia menjamin siap memberi keterangan selaku pengadu. “Kalau tim bilang nggak masalah, silakan Musda,” tandasnya.

Plt Ketua DPD Partai Golkar Gianyar, Made Dauh Wijana, yang dimintai konfirmasi atas tudingan adanya sejumlah persoalan itu mengatakan, persoalan itu sudah ada ada tim verifikasi dari DPD Partai Golkar Bali. Tim dari DPP juga sudah turun memeriksa, termasuk memeriksa bendahara. Dia menyesalkan Sudewa seperti ngotot mempersoalkan itu sebagai Ketua AMPG. Masalahnya, Sudewa disebut sudah mundur dari posisi ketua karena ikut pemilihan kades.

“Tidak etis dia mempersoalkan sesuatu dengan mengatasnamakan AMPG. Dia katanya mempercayakan ke tim verifikasi, sudah ada hasil kok masih mempersoalkan? Untuk lebih jelasnya silakan hubungi Pak Dewa Suamba nggih sebagai tim verifikasi,” pesannya. 011/hen

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.