Tes Antigen Negatif, Siswa Diizinkan Ikut PTM

  • Whatsapp
SISWA SMPN 1 Gianyar mengikuti PTM dengan prokes ketat, antara lain jaga jarak. foto: adi

GIANYAR – Salah seorang Siswa SMPN 1 Gianyar berinisial DMAP, sempat tidak mengikuti Pembelajaran Tatap Muka (PTM) karena salah satu keluarganya positif Covid-19. Setelah isolasi mandiri dan hasil tes cepat antigen negatif, siswa asal Desa Serongga, Gianyar itu diizinkan mengikuti PTM.

Kepala SMPN 1 Gianyar, Wayan Mawa, membenarkan salah satu siswanya menjalani isolasi mandiri. Hal itu menyebabkan sejumlah orangtua siswa khawatir dengan anaknya yang sekelas dengan DMAP, yang diduga terpapar Covid-19.

Bacaan Lainnya

DMAP masuk sesi pukul 08.00 hingga pukul 10.00. “Orangtua siswa mengaku khawatir dengan anak-anak yang baru mengikuti Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Gianyar,” ujarnya, Selasa (30/3/2021).

Namun, setelah ditelusuri, dia menyebut informasi itu tidak benar. “Siswa itu tidak terpapar Covid-19. Dia menjalani isolasi mandiri karena ada keluarganya yang terpapar Covid-19,” sambung Mawa.

Hasil pemeriksaan petugas Puskesmas Gianyar I terhadap yang bersangkutan, terangnya, menyatakan negatif Covid-19. Hal ini sesuai hasil pemeriksaan petugas Ni Kadek Monica Dewi, dan ditandatangani Kepala Puskesmas Gianyar, dr. Ida Ayu Ratna Trisna, Senin (29/3/2021).

Kepala Dinas Pendidikan Gianyar, I Wayan Sadra, Selasa (30/3/2021), menambahkan, PTM sangat rentan menyebabkan klaster Covid-19. Karena itu, benteng PTM akan diperkuat dengan mengoptimalkan peran Satgas Covid-19 Sekolah, yakni menerapkan SOP pengendalian dan antisipasi kemungkinan munculnya klaster sekolah.

Baca juga :  DPRD Buleleng Desak Proses Hukum Penunggak Pajak

Sekolah yang menerapkan PTM, sebutnya, sudah membentuk Satgas Covid-19 Sekolah untuk yang memastikan penerapan protokol kesehatan (prokes) secara ketat. “Penerapan prokes ini sesuai SOP dan petunjuk teknis dari Dinas Pendidikan, termasuk petunjuk dari Kementerian Pendidikan,” jelasnya.

Dengan penerapan SOP prokes secara ketat, kata dia, siswa yang ke sekolah dapat dipastikan aman dari ancaman pandemi. Siswa yang mengikuti PTM juga diwajibkan menjaga kesehatan, dilakukan pemeriksaan suhu tubuh menggunakan thermogun, dan menyakinkan siswa yang maşuk dalam kondisi sehat.

Terkait siswa SMPN 1 Gianyar yang menjalani isolasi tersebut, lanjutnya, dibolehkan mengikuti PTM selama dapat menunjukkan surat keterangan negatif hasil tes antigen. Karena siswa tersebut tidak terpapar Covid-19, sehingga tidak perlu dilakukan pelacakan kontak erat di sekolah. “Siswa itu sejak awal belum pernah mengikuti PTM, jadi tidak perlu ada pelacakan kontak erat di sekolah,” tandasnya. adi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.