Sampaikan Pesan Presiden Jokowi, Deputi BNPB: Konsentrasi Perbaiki Ekonomi Masyarakat

  • Whatsapp
BUPATI Mas Sumatri, menerima kunjungan Deputi Bidang Sistem dan Strategi BNPB, B. Wisnu Widjaja, dan rombongan di Aula Nawa Satya, Rabu (30/9/2020). Foto: nad
BUPATI Mas Sumatri, menerima kunjungan Deputi Bidang Sistem dan Strategi BNPB, B. Wisnu Widjaja, dan rombongan di Aula Nawa Satya, Rabu (30/9/2020). Foto: nad

KARANGASEM – Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri, menerima kunjungan Deputi Bidang Sistem dan Strategi BNPB, B. Wisnu Widjaja, dan rombongan di Aula Nawa Satya, Rabu (30/9/2020). Kunjungan tersebut dalam rangka membangun kesadaran bersama terhadap upaya Pengurangan Risiko Bencana (PRB) dan Ketangguhan Daerah menghadapi bencana. Pun untuk sosialisasi Program Siap Siaga di Tengah Pandemi Covid-19.

Sumatri menyampaikan, dalam situasi pandemi ini Pemkab Karangasem melakukan segala upaya dalam menghadapi dampak pandemi. Dia juga berkata menemui Kepala BNPB agar dibantu dalam memenuhi alat pelindung diri (APD). “Itu sebagai bentuk keseriusan kami dalam menghadapi Covid-19,” sebutnya.

Bacaan Lainnya

Dia mengakui, ancaman Covid-19 berdampak kepada semua sektor, berpengaruh langsung kepada masyarakat secara umum, dan seluruh sendi kehidupan masyarakat. “Selain menghadapi bencana alam yang ada, saya yakin cobaan pandemi Covid-19 ini menambah beban BPBD Karangasem. Memang cukup berat, tapi semoga ini bisa dilewati,” sambungnya.

Selain berjuang dalam segi pemenuhan APD, tuturnya, Pemkab Karangasem juga menggalakkan program pembagian masker dan sembako dalam membantu ketahanan pangan. Prinsipnya, tegas Sumatri, segala upaya pencegahan dan penanganan Covid-19 telah dilakukan. “Demi masyarakat Karangasem, apapun yang terbaik akan kami lakukan,” serunya.

Baca juga :  Peringati Tumpek Wariga, PPK Dentim Gelar "Green Election"

Wisnu Widjaja dalam kesempatan tersebut memaparkan, pendekatan yang dilakukan dalam penanganan setiap bencana alam tidak hanya mengenai proses evakusi dan cara penanganan, tapi lebih diarahkan ke program lingkungan. Dia pun mengajak masyarakat untuk memperbaiki lingkungan, dan mendapat penghasilan dari hal tersebut.

Dengan adanya bencana nonalam Covid-19, ungkapnya, Presiden Jokowi juga menginstrusikan supaya lebih berkonsentrasi dalam perbaikan ekonomi masyarakat. Hal ini sedang digencarkan dalam memberdayakan masyarakat untuk memperbaiki perekonomian. “Semua merasa tertekan dalam kondisi pandemi ini, dan tentunya semua bisa teratasi asal kita bisa saling bahu-membahu dalam menghadapinya,” ajak Wisnu Widjaja.

Untuk menghadapi Covid-19, ulasnya, harus disetarakan dengan perilaku yang diterapkan dalam pandemic. Termasuk terus menggencarkan sosialisasi dan edukasi masyarakat. “Bentuklah satgas sampai ke desa adat. Tanpa perlu sanksi yang berat, saya rasa masyarakat pasti akan patuh dengan peraturan yang diterapkan desa adat,” tandasnya. 017

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.