RSAD Udayana Denpasar jadi Tempat “Screening Test” COVID-19

ILUSTRASI - Simulasi penanganan pasien terduga COVID-19 di RSAD Udayana Denpasar. (foto: antaranews).

DENPASAR – Rumah Sakit TK II atau RSAD Udayana Denpasar akan menjadi tempat melakukan screening test COVID-19 untuk wilayah Bali berdasarkan skala prioritas.

“Tempat screening kan hanya perlu tenaga kesehatan, alat Rapid tes, tempat untuk melakukan screening test, APD lengkap dan tenaga kesehatan,” kata Kakesdan IX/Udayana Kolonel CKM Dr. I Made Mardika Sp.PD MARS, saat dikonfirmasi di Denpasar, Senin (23/3/2020).

Bacaan Lainnya

Ia mengatakan bahwa apabila dari hasil screening test ditemukan pasien yang positif COVID-19, maka akan langsung dirujuk ke RS Rujukan, sedangkan yang negatif COVID-29 akan dipersilahkan untuk pulang. ”Bagi yang mengikuti screening ini nanti juga kita akan kasi surat atau tanda bukti telah lakukan dan melewati screening test,” jelasnya.

Terkait dengan kelengkapan alatnya, Kata dia akan dipersiapkan oleh pihak Dinas Kesehatan Provinsi Bali dan pihaknya juga akan meminta ke Pusat Kesehatan Angkatan Darat.

Ia mengatakan rencana nya kegiatan screening test ini akan dilakukan pada 24 Maret 2020. “Begitu ada alat, kami mulai rencananya tanggal 24 Maret ini,” kata Mardika, seperti dilansir dari antaranews. ”Sedangkan untuk APD- nya yang disiapkan dari RSAD Udayana sudah siap sebanyak 50 buah,” imbuhnya.

Baca juga :  Harlah Ke-24, PKB NTB Target Menangi Pemilu 2024, Siap Jadi Tuan Rumah Seluruh Muslim

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Provinsi Bali yang sekaligus Ketua Tim Satgas Penanggulangan COVID-19 Provinsi Bali Dewa Made Indra mengatakan, mengacu pada kebijakan Pemerintah Pusat, maka Pemerintah Provinsi Bali secepatnya juga akan melakukan screening test berdasarkan skala prioritas, yang rencananya akan bertempat di Rumah Sakit Kesdam (RSAD). (yes)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.