Putus Mata Rantai Covid-19, PKK RT 5 Dusun Wanasari Ikut Penyemprotan Disinfektan

  • Whatsapp
IBU-ibu PKK RT 5 Dusun Wanasari Ikut Penyemprotan Disinfektan untuk memutus mata rantai Covid-19. foto: ist

DENPASAR – Dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19, Desa Dauh Puri Kaja secara serentak melakukan penyemprotan disinfektan selama tiga kali dalam minggu di seluruh dusun yang ada diwilayahnya. Penyemprotan serentak dilakukan oleh masing-masing dusun dibantu oleh Satgas, Pecalang, Linmas maupun Sekaa Teruna.

Dari 7 dusun yang ada di Desa Puri Kaja, yang menarik perhatian adalah penyemprotan yang berlangsung di RT 5 Dusun Wanasari. Pasalnya penyemprotan langsung dilakukan oleh ibu-ibu PKK RT 5. “Setiap penyemprotan disinfektan untuk lingkungan RT 5 Dusun Wanasari dilakukan secara langsung oleh ibu-ibu PKKnya,” ungkap Perbekel Desa Dauh Puri Kaja Gusti Ketut Sucipta saat di temui Minggu (14/6/2020).

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk penyemprotan serentak pihak Desa telah memberikan alat dan obat kepada masing-masing dusun. Sehingga masing-masing dusun yang langsung melakukan penyemprotan. Dengan demikian penyemprotan bisa dilakukan secara serentak dan mandiri di seluruh dusun yang ada di Desa Dauh Puri Kaja.

Baca juga :  Kwarda Bali Gelar Rakerda Tahun 2020 secara Virtual dan Tatap Muka Terbatas

Penyemprotan biasanya melibatkan aparat dusun, pecalang, Linmas maupun Sekaa Teruna. Namun di RT 5 Dusun Wanasari penyeprotan di lakukan langsung oleh ibu-ibu PPK. Kegiatan yang dilakukan PKK RT 5 ini sangat bagus dalam memutus mata rantai Covid-19 maka dari itu pihaknya mengucapkan terima kasih, semoga kegiatan yang dilakukan ini bisa menjadi contoh untuk PKK lainnya.

Menurutnya, meskipun tidak semua PKK ikut melakukan penyemprotan. Tapi PKK di dusun lainya juga ikut serta membantu untuk memutus mata rantai Covid-19. Seperti PKK di Dusun Lelangon juga membantu memutus mata rantai Covid-19 yakni saat penyemprotan mereka ikut ke rumah warga untuk melakukan pengecekan suhu tubuh warga.

Baca juga :  Peduli Lansia, Selly Mantra Serahkan Bantuan Kursi Roda

Dengan keterlibatan semua pihak, Sucipta berharap dapat mempercepat pemutusan mata rantai Covid-19, sehingga warga masyarakat bisa beraktifitas seperti semula namun tetap menerapkan protokol kesehatan tanpa adanya ketakutan.

Sementara itu, Ketua PKK RT 5 di Dusun Wanasari Hj.Mardiana mengaku PKK awalnya melakukan penyemprotan secara swadaya dari diri sendiri dalam memutus mata rantai Covid-19. Setelah penyemprotan dilakukan berkelanjutan akhirnya ada program penyemprotan dari Desa mengingat tidak ada petugas yang selalu bisa menjalankan program tersebut, maka PKK sendiri yang langsung bertindak turun tangan melakukan penyemprotan.

Hal itu dilakukan untuk antisipasi menekan terjadinya penularan virus, selain itu ibu-ibu PKK juga tidak memiliki kegiatan yang menganggu aktivitas sehari hari. “Dengan melakukan penyemprotan kami harapkan lingkungan RT 5 bisa terhindar dari penyebaran virus, sekaligus kami bisa memberikan sosialisasi kepada masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan maupun mengikuti protokol kesehatan,” jelasnya. yes

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.