PPDB SMPN di Denpasar, Daftar Jalur Prestasi, Calon Siswa Bebas Pilih Sekolah

  • Whatsapp
Plt. Kadisdikpora Kota Denpasar, IGN Eddy Mulya (kiri); didampingi Kabid Pembinaan SMP, AA Gede Wiratama saat pelatihan operator PPDB. Foto: tra
Plt. Kadisdikpora Kota Denpasar, IGN Eddy Mulya (kiri); didampingi Kabid Pembinaan SMP, AA Gede Wiratama saat pelatihan operator PPDB. Foto: tra

DENPASAR – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk jenjang pendidikan SMP Negeri di Kota Denpasar dimulai pada Jumat (18/6/2021) hingga Selasa (29/6/2021). Proses pendaftaran dilakukan secara daring di https://denpasar.siap-ppdb.com ini diawali jalur prestasi mulai Jumat (18/6/2021) hingga Rabu (23/6/2021). Di susul jalur perpindahan tugas orang tua/wali, afirmasi, dan zonasi (kategori umum dan dampak Covid-19) pada Sabtu (26/6/2021) hingga Selasa (29/6/2021).

Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kota Denpasar, IGN Eddy Mulya, Kamis (17/6/2021), menjelaskan, jalur prestasi dibagi menjadi dua yakni akademik (5 persen) dan nonakademik terdiri dari Utsawa Dharma Gita/Lomba Bulan Bahasa Bali (2 persen), olahraga (5 persen), seni (5 persen), dan Pesta Kesenian Bali (6 persen).

Bacaan Lainnya

Sertifikat prestasi dikeluarkan oleh instansi pemerintah/lembaga resmi dengan juara mulai tingkat sekolah hingga internasional untuk akademik, dan mulai tingkat kabupaten hingga internasional untuk nonakademik yang diterbitkan paling singkat bulan Juni 2021, dan paling lama tiga tahun sejak tanggal pendaftaran PPDB.

Jalur prestasi dapat diikuti lulusan SD Kota Denpasar dan memiliki kartu keluarga Kota Denpasar, atau lulusan SD Kota Denpasar dan memiliki kartu keluarga luar Kota Denpasar, atau lulusan SD luar Kota Denpasar dan memiliki kartu keluarga Kota Denpasar. Untuk kartu keluarga minimal dikeluarkan oleh Disdukcapil setempat per 1 Juni 2020. ‘’Sejak tahun lalu, PPDB SMP negeri di Kota Denpasar tidak lagi menggunakan surat keterangan domisili,’’ kata Eddy Mulya.

Baca juga :  Sudah Pernah Dirazia, Balik Lagi Melanggar Parkir

Seleksi jalur prestasi akademik dan nonakademik (seni dan olahraga) dilakukan oleh sekolah tujuan sesuai kebutuhan sekolah masing-masing-masing. Sementara seleksi jalur prestasi nonakademik Utsawa Dharma Gita/Lomba Bulan Bahasa Bali dan Pesta Kesenian Bali berdasarkan basis data Dinas Kebudayaan Kota Denpasar. ‘’Calon siswa bebas memilih satu SMP negeri dari 14 SMP negeri di Kota Denpasar,’’ terangnya.

Calon siswa yang lolos jalur prestasi diumumkan pada Jumat (25/6). Calon siswa yang tidak lolos jalur prestasi, dapat mendaftar kembali pada jalur zonasi (kategori umum atau dampak Covid-19) atau jalur afirmasi sesuai persyaratan.

Lulusan SD di Kota Denpasar tahun ini yang akan melanjutkan ke tingkat SMP mencapai 13.834 siswa. Sementara daya tampung SMP negeri hanya 4.080 siswa terbagi dalam 102 rombongan belajar. Kuota tiap rombongan belajar sebanyak 40 siswa. tra

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.