Pentingnya ”Budaya Cuci Tangan” Pakai Sabun

  • Whatsapp

oleh dr. Bagus Darmayasa

SEBAGIAN besar aktivitas yang dilakukan orang membuatnya banyak bersentuhan langsung dengan benda-benda lain. Hal ini menyebabkan begitu rentan ”terpapar kuman” yang membahayakan kesehatannya.

Bacaan Lainnya

Kuman biasanya terserap ke dalam tubuh melalui telapak tangan. Oleh karena itu, menerapkan ”kebiasaan cuci tangan pakai sabun” dapat menjadi langkah pencegahan yang efektif agar Anda terhindar dari serangan penyakit.

Kenapa harus cuci tangan pakai sabun? ”Kuman penyakit, termasuk bakteri dan virus, sudah berevolusi. Keduanya bermutasi untuk menyesuaikan diri dengan kondisi tubuh manusia sehingga lebih sulit untuk dibasmi.”

Dikatakan pula bahwa evolusi ketahanan kuman penyakit ditunjukkan dengan peningkatan jumlah penyakit infeksi atau penyakit menular yang terjadi di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir.

Anak-anak termasuk golongan yang paling berisiko terjangkit penyakit apabila lalai menerapkan *pola hidup bersih dan sehat (PBHS), salah satunya dengan mencuci tangan. Ayo biasakan mulai sekarang rajin cuci tangan pakai sabun..!!! (***)

Baca juga :  Libatkan Komunitas Masyarakat untuk Sosialisasi Pencegahan Covid-19

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.