Meningkatkan Literasi Digital Lewat Kelas Cakap Digital

  • Whatsapp
KOMINFO menyelenggarakan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi dengan Kelas Cakap Digital. foto: ist

DENPASAR – Salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan literasi digital masyarakat Indonesia dilakukan lewat Kominfo, yaitu dengan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi. Salah satu langkahnya adalah dengan membuka Kelas Cakap Digital, yang kali ini pendaftarannya dibuka untuk periode 17 Juni sampai 8 Juli.

Perbedaan dibanding Kelas Cakap Digital sebelumnya adalah kali ini mereka menggaet Kumpul untuk pelaksanaannya di lima kota. Kelas Cakap Digital ini dilakukan bersama mitra Kumpul di Bali, tepatnya di Kembali Innovation hub pada 27-31 Juli, Satu Atap Coworkshare di Surabaya 3-7 Agustus, Kolektif Co. Space di Yogyakarta 3-8 Agustus, The Greater Hub di Bandung 10-15 Agustus, dan Impala Network di Semarang pada 16-21 Agustus.

Bacaan Lainnya

Dedy Permadi selaku Juru Bicara Kominfo, mengatakan, kemampuan literasi digital dapat ditumbuhkan dan dikembangkan melalui kelas-kelas Literasi Digital yang diselenggarakan di 514 kabupaten/kota maupun bersama mitra-mitra jejaring Siberkreasi. Literasi dan kecakapan digital yang dikembangkan terkait kecakapan digital, etika digital, keamanan digital, dan budaya digital.

Dengan begitu, harapannya Indonesia dapat segera mempercepat transformasi digital nasional khususnya terkait pengembangan sumber daya manusia. Kelas Cakap Digital Siberkreasi X Kumpul ini menjadi salah satu akses edukasi literasi digital di seluruh Indonesia dengan menciptakan ribuan Penggerak Literasi Digital di Indonesia.

Baca juga :  SPAB, Cara BNPB Tingkatkan Kesiapsiagaan Bencana di Sekolah

Dengan adanya Kelas Cakap Digital ini, masyarakat khususnya generasi muda diharapkan dapat memanfaatkan internet dengan cakap, bijak, dan aman. Masyarakat dapat mengikuti kelas ini secara gratis berupa workshop yang terdiri dari empat pilar yaitu Keamanan Digital (privasi data), Etika Digital (kredit dan hak cipta di media digital), Budaya Digital (gaya hidup digital dan integrasi kultur Indonesia di media digital), dan Kecakapan Digital (strategi & produksi konten di media sosial).

Masyarakat yang ingin mengikuti Kelas Cakap Digital dapat melihat info selengkapnya di Instagram @Siberkreasi atau langsung mendaftar sesuai domisili masing-masing melalui link berikut: Bandung :s.id/siberkreasi-bandung, Surabaya:s.id/siberkreasi-surabaya, Bali:s.id/siberkreasi-bali, Yogyakarta: s.id/siberkreasi-yogyakarta, Semarang: s.id/siberkreasi-semarang. tra

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.