Perusahaan Diminta Bangun Tower di Wilayah Susah Sinyal

  • Whatsapp
BUPATI Gede Dana, saat menerima audiensi perwakilan PT Protelindo, PT TBIG dan PT Mitratel terkait pemasangan tower sudah berizin dan belum berizin, Rabu (7/7/2021) di ruang rapat kantor Bupati Karangasem. foto: ist

KARANGASEM – Bupati Karangasem, I Gede Dana terus berupaya meningkatkan jaringan telekomunikasi maupun jaringan internet di wilayahnya. Sejak awal menjabat, Dana berkomitmen penyediaan jaringan telekomunikasi melalui pembangunan menara atau tower telekomunikasi menjadi prioritas bagi Pemkab Karangasem, terutama di wilayah yang masih mengalami blank spot atau susah sinyal.

“Untuk tahun ini, jika ada beberapa perusahaan yang menawarkan diri di Kabupaten Karangasem untuk membangun tower, kami arahkan untuk membangun di daerah blank spot,” kata Bupati di hadapan perwakilan PT Protelindo, PT TBIG dan PT Mitratel yang audiensi terkait pemasangan tower sudah berizin dan belum berizin, Rabu (7/7/2021) di ruang rapat kantor Bupati.

Bacaan Lainnya

Meski saat ini sudah berdiri 138 menara atau tower di delapan kecamatan, jelasnya, tapi masih belum bisa mencakup semua wilayah. Karena itu masih ada daerah yang susah sinyal. Selain itu masih ada 12 tower yang belum mengantongi izin, dan terkait hal ini, Dana minta dinas terkait agar hati-hati dalam mengeluarkan izin.

Dengan adanya pembangunan tower, sambungnya, akan memberi banyak manfaat bagi masyarakat dari sisi ekonomi, sosial, budaya, keamanan, maupun pelayanan publik. Apalagi anak-anak sekarang sekolah menggunakan sistem daring.

Baca juga :  Sejumlah RS di Gianyar Rawat Belasan PDP, Ratusan Orang Berstatus Pemantauan

“Bagaimana mereka akan belajar jika jaringan internet tidak sampai ke desa mereka? Makanya tahun ini kita arahkan semua provider (penyedia layanan) yang ingin membangun, kita prioritas agar membangun di daerah blank spot agar kebutuhan telekomunikasi masyarakat bisa lancar,” pintanya.

Hal lain disampaikan, saat ini pemerintah masih mengkaji dan menyempurnakan Perbup terkait pemberian izin pembangunan tower. Pun menentukan titik-titik koordinat boleh atau tidaknya dibangun tower di suatu wilayah.

Wakil Bupati Artha Dipa yang ikut mendampingi Bupati Dana juga menyatakan harapan yang sama. Kata dia, dengan dibicarakannya kerjasama untuk membangun tower di wilayah yang masih mengalami blank spot, maka makin banyak masyarakat yang bisa menikmati berbagai pelayanan yang memanfaatkan jaringan telekomunikasi.

“Kami berharap jika semua pihak mau bekerja sama dengan baik, ke depan di beberapa wilayah yang butuh layanan dengan pemanfaatan jaringan internet dapat terlayani dengan cepat,” harapnya. nad

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.