Hujan Deras, Senderan Jalan di Desa Buahan Longsor, Warga Pasang Ini

  • Whatsapp
SENDERAN jalan di Banjar Susut, Desa Buahan, Payangan longsor. Foto: ist
SENDERAN jalan di Banjar Susut, Desa Buahan, Payangan longsor. Foto: ist

GIANYAR – Senderan jalan di Banjar Susut, Desa Buahan, Payangan, mengalami longsor, Sabtu (4/4/2020). Satu-satunya jalan terdekat menghubungkan Banjar Susut menuju pusat desa maupun pusat kecamatan itu mengalami longsor setelah hujan mengguyur desa setempat. Untuk mengantisipasi agar tidak menimbulkan korban, saat ini pada ruas jalan itu diisi rambu hati-hati sambil menunggu perbaikan.

Perbekel Desa Buahan, Payangan, I Wayan Sudarsa, Minggu (5/4/2020), menjelaskan, jalan itu ambrol karena akibat hujan deras. “Panjang longsorannya mencapai sepuluh meter dengan kedalaman lima meter. Itu juga membuat warga was-was, karena tanah di lokasi sangat labil dan badan jalan mulai retak-retak,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Dikatakannya, di lokasi memang tanah sangat  labil dan terletak di pinggir jurang. ‘’Tanah di lokasi memang sangat labil dan posisi jalan  tepat berada di pinggir jurang,’’ jelasnya.

Untuk menghindari lakalantas di lokasi, Sudarsa menyampaikan, warga  Banjar Susut telah memasang rambu pengaman atau rambu hati-hati. Dia berharap  hujan tidak lagi turun sehingga longsor susulan tidak  terjadi. Apalagi di bawahnya, kini tengah dikerjakan pembuatan dinding penahan tanah (DPT)  untuk jalan usaha tani Pondokan Gambih. “Kita berharap jalan jebol ini mendapatkan perhatian dari Pemkab Gianyar. Mengingat  jalan ini juga merupakan akses ke sejumlah hotel yang ada di Banjar Susut,” harapnya.

Baca juga :  Kemenpora Gelontorkan 87 Miliar untuk Tangani Covid-19

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gianyar, Ngakan Daharma Jati, mengatakan, pihaknya telah turun ke lokasi. Melihat kondisi jalan yang masih bisa dilintasi pengendara, maka hanya dipasang rambu-rambu sambil menunggu perbaikan.  “Senderan jalan yang longsor di Banjar Susut, Desa Buahan itu sudah dipasang rambu-rambu,” jelasnya. 011

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.