Emilia Nova, Perempuan Pertama Indonesia Pembawa Bendera Merah Putih pada Pembukaan SEA Games

PELARI gawang Indonesia Emilia Nova (kiri) melompati rintangan Lomba Lari Gawang 100 Meter Putri SEA Games ke-30 di Stadion Atletik New Clark, Filipina, Senin (9/12/2019). foto: ist

JAKARTA – Peraih medali emas lari gawang 100 meter putri SEA Games 2019, Emilia Nova didaulat menjadi pembawa bendera Merah Putih pada defile Kontingen Indonesia dalam upacara pembukaan SEA Games 2021 Hanoi, Vietnam yang akan dilaksanakan pada 12 Mei 2022 mendatang.

Pemilihan tersebut menandai untuk pertama kalinya atlet perempuan Indonesia ditunjuk menjadi pembawa bendera Merah Putih dalam sejarah partisipasi Indonesia di ajang SEA Games.

Bacaan Lainnya

Chef de Mission (CdM) kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021 Ferry J Kono menjelaskan pemilihan Emilia sebagai pembawa bendera dilakukan karena berbagai pertimbangan, salah satunya rekam jejak dia dalam multicabang dua tahunan itu. Apalagi SEA Games tahun ini bakal menjadi ajang internasional perdana Emilia setelah cedera.

“Kami memilih Emilia menjadi pembawa bendera Kontingen Indonesia. Ia berprestasi, dan terpenting adalah kami ingin membuktikan kami sangat peduli dan mengedepankan kesetaraan gender. Kami memposisikan atlet putra dan putri memiliki hak dan kesempatan yang setara,” kata Ferry dalam siaran persnya.

Emil, sapaan akrab Emilia, memiliki prestasi cukup dalam keikutsertaanya pada multievent. Ia pernah meraih medali perak pada SEA Games 2017 Kuala Lumpur, perak Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, serta medali emas di SEA Games 2019 Filipina.

Baca juga :  Akri Dipilih Jabat Sekretaris DPW PPP NTB, Muzihir Sebut Tak Boleh Ada Matahari Kembar

Ferry menuturkan bahwa Panitia penyelenggara SEA Games Vietnam (VIESGOC) sudah merilis aturan parade defile. Setiap negara dibatasi hanya boleh membawa 31 partisipan, terdiri atas CdM, pembawa bendera, atlet, pelatih dan ofisial.

“Tidak semua kontingen ikut defile, sehingga kami memprioritaskan parade defile diikuti cabor yang bertanding setidaknya pada 14 April untuk menjaga kondisi tubuh atlet-atlet kami sehingga tidak kelelahan saat mereka harus bertanding,” jelas dia, dilansir posmerdeka.com dari antaranews.

Sementara itu, Emil mengaku bangga bisa mendapat kepercayaan menjadi pembawa bendera di SEA Games sekaligus menjadi perempuan Indonesia pertama yang membawa bendera dalam ajang tersebut.

“Tentu ini kebanggaan untuk saya. Apalagi setelah saya baru pulih dari cedera, ibaratnya ajang ini menjadi comeback saya. Semoga dengan terpilihnya saya juga bisa memberikan semangat sehingga saya bisa memberikan prestasi lebih baik lagi untuk Indonesia,” ujarnya. yes

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.