Disdikpora Denpasar Gelar Lomba Bulan Bahasa Bali

  • Whatsapp
TIM penilai melakukan penilaian rekaman video peserta lomba mesatua tingkat SD serangkaian Bulan Bahasa Bali yang digelar Disdikpora Kota Denpasar. Foto: ist
TIM penilai melakukan penilaian rekaman video peserta lomba mesatua tingkat SD serangkaian Bulan Bahasa Bali yang digelar Disdikpora Kota Denpasar. Foto: ist

DENPASAR – Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kota Denpasar menggelar sejumlah lomba guna mendukung program pelestarian bahasa dan sastra Bali serangkaian perayaan Bulan Bahasa Bali. Kegiatan juga dirangkai dengan HUT ke-233 Kota Denpasar. Peserta lomba melibatkan siswa SD dan SMP se-Kota Denpasar.

Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kota Denpasar, AA Made Wijaya Asmara, Senin (22/2/2021) menjabarkan, ada enam lomba yang digelar yakni mesatua Bali, membaca puisi Bali, dan macepat tingkat SD. Sementara tingkat SMP digelar lomba mapidarta, macepat, dan ugrawakia (MC).

Bacaan Lainnya

Wijaya Asmara mengutarakan, Bulan Bahasa Bali merupakan agenda rutin tahunan Provinsi Bali dan kabupaten/kota se-Bali, yang bertujuan menjaga kelestarian bahasa dan sastra Bali sebagai identitas orang Bali. Pelaksanaan Bulan Bahasa Bali tahun ini mengambil tema  “Wana Kerthi: Sabdaning Taru Mohoattama” yang bermakna Bulan Bahasa Bali sebagai Altar Pemuliaan Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali Tertaut Jelajah Pemaknaan Hutan sebagai Prana Kehidupan.

Lebih jauh diutarakan Wijaya Asmara, Bulan Bahasa Bali 2021 merupakan implementasi Peraturan Daerah Provinsi Bali Nomor 4 Tahun 2020 tentang Penguatan dan Pemajuan Kebudayaan Bali, dan Peraturan Gubernur Bali Nomor 80 Tahun 2018 tentang Pelindungan dan Penggunaan Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali serta Surat Edaran Gubernur Bali Nomor 8068 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali III tahun 2021 di Provinsi Bali dan Kabupaten/Kota se-Bali.  ‘’Bahasa, sastra, dan aksara Bali merupakan warisan dari leluhur yang harus dijaga, agar tetap ajeg dan lestari. Salah satunya dengan lomba ini,’’ lugas Wijaya Asmara.

Baca juga :  Pasar Bekas LP Bangli Tidak Terawat

Mengingat masih situasi pandemi, pelaksaaan Bulan Bahasa Bali yang diselenggarakan Disdikpora Kota Denpasar, tanpa penonton. Tim juri melakukan penilaian berdasarkan video rekaman yang dikirim masing-masing peserta sesuai jenis lomba yang diikuti dalam bentuk CD. Penilaian dilaksanakan selama dua hari pada 22-23 Februari di Disdikpora Kota Denpasar.

Pemenang lomba diumumkan pada Kamis (25/2/2021). Bagi para pemenang, Disdikpora Kota Denpasar telah menyiapkan hadiah piala dan piagam penghargaan. tra

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.