Cegah Covid-19, PDIP Gianyar Bagi-bagi ‘’Hand Sanitizer’’

  • Whatsapp
JAJARAN PDIP Gianyar membagikan hand sanitizer di pasar umum di Gianyar, Senin (23/3/2020). Foto: adi
JAJARAN PDIP Gianyar membagikan hand sanitizer di pasar umum di Gianyar, Senin (23/3/2020). Foto: adi

GIANYAR – Semua kalangan bergerak mengantisipasi  penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Termasuk DPC PDIP Gianyar, turut mengajak masyarakat untuk mencegah meluasnya penyebaran virus yang pertama kali muncul di Wuhan, salah satu kota di China ini, dengan melakukan sosialisasi dan membagikan hand sanitizer kepada masyarakat di tujuh pasar umum di seluruh Gianyar, Senin (23/3/2020).

Kegiatan itu dipimpin langsung Sekretaris DPC PDIP Gianyar, I Ketut Sudarsana; Bendahara DPC PDIP Ni Made Ratnadi dan didampingi sejumlah kader PDIP Kabupaten Gianyar.  Sudarsana mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk keprihatinan PDIP kepada masyarakat yang kini sedang dibayangi bahaya penularan Covid-19.

Bacaan Lainnya

Lokasi kegiatan difokuskan di pasar, karena pasar merupakan tempat keramaian yang tak bisa dihindari masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari- hari. ‘’Masyarakat pasti ke pasar membeli barang kebutuhan sehari-hari, walau diinstruksikan untuk jangan keluar rumah,’’ ujarnya.

Menurutnya, dengan mendatangi pasar, selain bisa bertemu dengan pembeli, juga bisa bertemu dengan pedagang yang juga perlu mendapatkan hand sanitizer untuk mencegah paparan Covid-19. Pilihan memberi hand sanitizer dan sosialisasi karena ini yang paling penting. ‘’Melalui sosialisasi masyarakat akan paham apa itu Covid-19, dan bagaimana cara mencegahnya,’’ ungkapnya.

Baca juga :  Giri Prasta Turun Selesaikan Batas Wilayah Badung-Denpasar, Bentuk Tertib Administrasi Mengacu Permendagri

Lanjutnya, sedangkan pemberian hand sanitizer sangat penting untuk mencegah virus yang kemungkinan melekat di tangan, karena sebelumnya telah meraba benda yang ada virusnya. ‘’Hand sanitizer lebih penting karena bisa dipakai berulang kali. Kalau bagi masker, masker kan hanya dipakai sekali, hanya untuk orang yang sakit saja,’’ jelasnya.

Diungkapkannya, pihaknya juga memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang bahaya Covid-19. Dari pemahaman itu diharapkan masyarakat memiliki kesadaran untuk ikut bersama mencegah meluasnya penyebaran Covid-19. ‘’Virus Covid-19 ini sangat berbahaya. Kita semua harus ikut mencegahnya,’’ ujarnya.

Jajaran pengurus DPC PDIP Gianyar, juga menyempatkan menijau Rumah Sakit Sanjiwani, rumah sakit rujukan jika ada yang terpapar Covid -19. Tujuan kunjungan ke rumah sakit itu, untuk memastikan kesiapan rumah sakit menerima pasien baik pasien dalam pengawasan, apa lagi yang positif terinfeksi Covid-19. Baik kamar maupun sarana kebutuhan tenaga medis. ‘’Kami tak ingin jika ada yang positif, rumah sakit tidak siap,’’ tegasnya.

Sementara itu, Ni Made Ratnadi mengungkapkan, kehadirannya ke  pasar sangat penting untuk mengetahui apakah masyarakat sudah memiliki pengetahuan tentang Covid-19 dan cara pencegahannya. Dari pantauan di lapangan, ternyata masih ada masyarakat yang tidak tahu. Bahkan ada yang mencuci tangan dengan hand sanitizer, lalu dicuci lagi dengan air. ‘’Kami ingin memastikan masyarakat paham tantang tata cara menghindari penyebaran Covid-19 ini,’’ ujar Ketua Komisi IV DPRD Gianyar ini. 011

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.