Anggaran PKB Dialihkan untuk Penanganan Covid-19

  • Whatsapp
KEPALA Bidang Kesenian, dan Tenaga Kebudayaan Dinas Kebudayaan Gianyar, I Wayan Darya. Foto: ist
KEPALA Bidang Kesenian, dan Tenaga Kebudayaan Dinas Kebudayaan Gianyar, I Wayan Darya. Foto: ist

GIANYAR – Pelaksanaan Pesta Kesenian Bali (PKB) 2020 dibatalkan dan anggarannya akan digunakan untuk penanganan Covid-19. Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Kesenian, dan Tenaga Kebudayaan Dinas Kebudayaan Gianyar, I Wayan Darya, Senin (6/4/2020).

Menurut Darya untuk anggaran pentas pada PKB dipastikan akan dialihkan untuk menangani wabah virus Corona. Sedangkan untuk dana perayaan HUT Kota Gianyar yang masing-masing kecamatan sudah berjalan dikatakan bisa dicairkan. ‘’Untuk PKB yang belum bisa cairkan dananya, itu otomatis dialihkan kesana (Covid-19) karena anggaran kas bulan April dan Mei dianggap tidak jalan. Kalau HUT Kota dan PKB dianggarkan Rp7 miliar, namun dialihkan sekitar Rp4 miliar,’’ ungkapnya.

Bacaan Lainnya

Darya menjelaskan, untuk masing-masing kecamatan yang rencananya tampil di HUT Kota dan PKB sudah siap 60 sampai 90 persen. Semua perwakilan pun sudah proses pemantapan dan uji coba dengan ngayah di pura-pura beberapa waktu lalu. Karena adanya wabah ini, membuatnya tidak bisa tampil, namun akan  tetap ditampilkan pada tahun depan. ‘’Tahun depan akan ditampilkan, meski ada  yang kecewa tetapi sebagian besar sekaa-sekaa cukup mengerti dengan musibah bersama ini,’’ jelasnya.

Darya menambahkan, selain pementasan seni berupa pawai, berbagai lomba dan penghargaan serangkaian HUT Kota Gianyar, juga ditidakan untuk tahun ini. ‘’Termasuk semua Porsenijar di-cancel. Perlombaan lukis, tari, penjor, dan empat pemberian penghargaan ditunda juga. Padahal persiapan sudah matang dan piagam sudah tinggal isi nama, namun karena keadaan mau tidak mau harus ditunda,’’ pungkasnya. 011 

Baca juga :  Banyak Hotel dan Restoran Tak Ambil Dana Hibah, Badung Kembalikan Rp212 Miliar ke Pusat

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.