Wabup Diar Minta Tri Sakti Bung Karno Digelorakan di Sekolah

  • Whatsapp
WAKIL Bupati Bangli, I Wayan Diar pukul gong menandai pembukaan lomba menghapalkan Pancasila beserta lambangnya untuk siswa SD serangkaian peringatan Bulan Bung Karno III di Desa Kedisan, Sabtu (26/6/2021). foto: ist

BANGLI – Serangkaian peringatan Bulan Bung Karno III di Desa Kedisan, Wakil Bupati (Wabup) Bangli, I Wayan Diar, membuka lomba menghapalkan Pancasila serta lambangnya untuk siswa SD, Sabtu (26/6/2021).

Acara di Balai Banjar Kedisan, Desa Kedisan itu dihadiri Ketua DPRD Bangli, I Ketut Suastika; Camat Kintamani, I Wayan Bona; Perbekel Kedisan, I Nyoman Gamayana, dan tokoh masyarakat Kedisan. Dalam kesempatan itu, Wabup Diar minta agar ajaran Tri Sakti dari Bung Karno digelorakan di sekolah-sekolah.

Bacaan Lainnya

Perbekel Gamayana melaporkan, kegiatan peringatan Bulan Bung Karno III merupakan upaya Pemerintah Desa Kedisan untuk mengelorakan kembali ajaran dan nilai-nilai luhur Bung Karno, sebagai salah satu pondasi pendidikan karakter generasi masa depan.

Kegiatan yang dilaksanakan yakni lomba menghapal Pancasila lengkap dengan lambangnya, lomba membuat desain poster Bung Karno untuk anak SD, dan lomba pidato. “Kegiatan ini bertujuan menanamkan semangat dan nilai-nilai luhur ajaran Bung Karno sebagai Proklamator RI,” jelasnya .

Sementara menurut Wabup Diar, peringatan Bulan Bung Karno merupakan sebuah momentum untuk mengembangkan potensi generasi penerus melalui kegiatan positif. Peringatan Bulan Bung Karno, terangnya, diinstruksikan pemerintah melalui Keppres sebagai upaya meluruskan nilai sejarah yang pernah terlupakan. Dengan begitu, sambungnya, peringatan Bulan Bung Karno sepatutnya dijadikan momentum menanamkan ajaran Tri Sakti Bung Karno kepada generasi penerus.

Baca juga :  Dewan Bangli Ingatkan OPD Penghasil Pasang Target Realistis

“Terutama kepada anak-anak sekolah dasar, sebagai landasan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di masa depan. Kalimat-kalimat mutiara sebagai motivator untuk membangun semangat anak muda, harus terus disuarakan agar dapat terbentuk pola berpikir dan bertingkah laku sesuai konsep dasar Pancasila itu sendiri,” pintanya.

Diar mengapresiasi Desa Kedisan yang melaksanakan aneka kegiatan itu, dan berharap generasi penerus betul betul tertanam dalam sanubarinya semangat dan ajaran Bung Karno untuk menuju kejayaan bangsa. “Dari sisi pemerintah terus berupaya mendukung, sehingga nilai-nilai Pancasila yang dicetuskan Proklamator RI itu betul betul menjadi pijakan bagi generasi ke depan,” pungkasnya. gia

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.