UPTD Lab Perkebunan Jadi Tempat Karantina Corona di Gianyar

  • Whatsapp
Bupati Gianyar, Made Agus Mahayastra. Foto: adi
Bupati Gianyar, Made Agus Mahayastra. Foto: adi

GIANYAR – Untuk masyarakat Gianyar yang baru kembali dari luar, daerah lain maupun dari luar negeri, Bupati Gianyar, Made Agus Mahayastra, menyiapkan UPTD Lab Perkebunan milik provinsi yang ada di Bedulu sebagai tempat karantina. ‘’Sudah seizin gubernur, itu ruangan kamarnya baru, tidak kalah dari hotel, ada fasilitas lengkap, kamar mandi, lapangan untuk olah raga, ada 11 kamar disana,’’ ungkapnya Bupati Mahayastra, Sabtu (28/3/2020).

Mahayastra menambahkan, untuk pencegahan merebaknya Covid-19, pihaknya telah melakukan penyemprotan disinfektan secara menyeluruh hingga ke tingkat desa. ‘’Hari Selasa (31/3/2020) akan dilakukan penyemprotan disinfektan di jalan-jalan utama menggunakan water cannon milik kepolisian dan Yonzipur,’’ imbuhnya, seraya mengatakan, akan disediakan bilik steril di seluruh pasar yang ada di Gianyar. Masing-masing pasar akan disediakan 20 bilik steril.

Bacaan Lainnya

Sementara untuk stok masker, APD dan disinfektan, cukup untuk sebulan ke depan. Diungkapkannya bahwa stok masker pengadaannya dibantu oleh pengusaha yang ada di Gianyar juga stok APD. Untuk alat rapid test secepatnya akan didistribusikan oleh pemerintah pusat. Selain itu, dikatakan Mahayastra akan ada pengadaan juga melalui dana tak terduga yang dimiliki Pemkab Gianyar. 

Baca juga :  Lomba Lawar Bangkitkan Ekonomi Kreatif di Tengah Pandemi

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu di Gianyar telah terbentuk Satgas Covid-19 yang diketuai Sekda Gianyar. Pembentukan Satgas Covid-19 di tingkat kabupaten juga dibarengi dengan pembentukan posko Covid-19 di seluruh desa, semua posko sudah aktif, tugasnya melakukan pemantauan di wilayahnya dan mengkoordinasikan temuan kepada Satgas Kabupaten atau petugas kesehatan terdekat.

Untuk memberikan infirmasi kepada masyarakat, Senin (30/3/2020) akan diluncurkan akun media sosial dan website khusus Covid-19 di Gianyar. Disitu bisa dilihat perkembangan kasus Covid-19 di antaranya jumlah ODP, PDP, kasus positif, peta sebaran per kecamatan  dan lain-lain terkait penanganan Covid-19 di Gianyar. ‘’Berapa pun biaya untuk penanggulangan Covid-19 ini, kami siap,” pungkasnya. 011

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.