Surat Suara Pilkada Tabanan Kurang Dua Boks, KPPS Megati Dites Cepat Corona

  • Whatsapp
SURAT suara yang baru dicetak untuk Pilkada Tabanan 2020, tiba di gudang KPU Tabanan di GOR Debes Tabanan, Kamis (12/11/2020). Foto: gap
SURAT suara yang baru dicetak untuk Pilkada Tabanan 2020, tiba di gudang KPU Tabanan di GOR Debes Tabanan, Kamis (12/11/2020). Foto: gap

TABANAN – Surat suara yang baru dicetak untuk Pilkada Tabanan 2020 tiba di gudang KPU Tabanan di GOR Debes Tabanan, Kamis (12/11/2020). Dari 374.436 lembar yang dipesan, yang datang hanya 372.436 lembar. Itu artinya terjadi kekurangan dua boks atau kurang 2.000 lembar surat suara.

Menurut Plh. Ketua KPU Tabanan, Luh Made Sunadi, kekurangan logistik yang dikirim ke Tabanan itu karena ada kesalahan teknis di pihak percetakan. Kekurangan surat suara itu, sebutnya, bisa segera diatasi. Apalagi pihak percetakan mengakui adanya kesalahan teknis itu, dan berjanji mengirim kekurangannya pada Jumat (13/11) hari ini. Sunadi sementara menjabat Plh Ketua KPU Tabanan menggantikan I Gede Putu Weda Subawa yang menjalani rawat inap di rumah sakit.

Bacaan Lainnya

Sunadi yang juga mengampu Divisi Teknis Penyelenggara itu menguraikan, sambil menunggu kekurangan surat suara, KPU segera melanjutkan kegiatan pelipatan surat suara mulai Jumat (13/11/2020). “Kemarin setelah tuntas merakit kotak suara, Jumat ini akan dilanjutkan dengan pelipatan surat suara,” ujarnya.

Semua yang terlibat dalam kegiatan pelipatan surat suara, kata dia, harus tiba di GOR Debes pada pukul 07.30, setengah jam sebelum kegiatan dimulai pada pukul 08.00. “Untuk itu kami menerapkan protokol kesehatan, bak cuci tangan, pakai masker, semprot menyanitasi tangan, termasuk jaga jarak dan tes suhu tubuh terlebih dahulu. Itu sudah jadi ketentuan yang harus dijalankan,” beber Sunadi.

Baca juga :  Pastikan Terapkan Protokol Kesehatan, Dispar Bali Monitoring Industri Pariwisata

Setiap 10 pelipat, tambahnya, akan diawasi satu orang dari KPU Tabanan. Dia memperkirakan pelipatan surat suara memerlukan waktu sekitar tiga hingga empat hari sampai selesai. Kalau bisa lebih cepat dirasa akan lebih baik. Untuk honor pelipatnya, Sunadi menyebut Rp75 per lembar dengan batas waktu kerja per hari hingga pukul 17.00 Wita.

Pada hari yang sama, puluhan KPPS se-Desa Megati, Kecamatan Selemadeg Timur, menjalani tes cepat (rapid test) Corona. Tes cepat di Balai Banjar Serampingan Kaja, Desa Megati itu diselenggarakan KPU Tabanan melalui Puskesmas Seltim I. Selain 70 KPPS, turut serta dites cepat 20 anggota linmas secara bergiliran dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Ketua PPK Seltim, I Nyoman Lusidana, mengatakan, tes cepat terhadap KPPS maupun linmas ini untuk mendapat kepastian tentang kondisi kesehatan penyelenggara Pilkada Tabanan 2020. Hasil pemeriksaan tim kesehatan, semuanya dinyatakan nonreaktif. gap

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.