Suamba Negara: Roling Ketua Fraksi Golkar Karangasem Mandat Asas Partai!

DEWA Suamba Negara (tengah) saat menjelaskan rotasi Ketua Fraksi Golkar Karangasem didampingi Muamar Khadafi (kanan) dan Wayan Sekep (kiri). Foto: hen
DEWA Suamba Negara (tengah) saat menjelaskan rotasi Ketua Fraksi Golkar Karangasem didampingi Muamar Khadafi (kanan) dan Wayan Sekep (kiri). Foto: hen

DENPASAR – Penggantian Ketua Fraksi Golkar Karangasem dari I Nyoman Sumadi ke Ketut Badra merupakan ejawantah amanat asas partai. Karena sesuai tatanan organisasi, roling tersebut tidak sepatutnya dimaknai parsial oleh kader Golkar. Apalagi kader senior yang seyogianya paham aturan. Demikian ditegaskan Wakil Ketua Bidang Organisasi Kaderisasi dan Keanggotaan (OKK) DPD Partai Golkar Bali, Dewa Made Suamba Negara, Jumat (13/5/2022).

Suamba Negara menguraikan, proses pergantian Sumadi berdasarkan Peraturan Organisasi (PO) 04 tentang Tata Hubungan DPP dengan Fraksi Partai Golkar DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota. Dalam Bab 2 pasal 2 dijelaskan, calon pimpinan fraksi dipilih dari unsur pengurus harian Dewan Pimpinan Partai sesuai tingkatannya. Menimbang isi pasal itu, sebutnya, Sumadi otomatis tidak memenuhi syarat untuk tetap menjabat Ketua Fraksi Golkar Karangasem.

Bacaan Lainnya

“Sumadi secara struktural saat ini sebagai Ketua Pengurus Kecamatan Manggis, bukan lagi pengurus harian DPD Karangasem. Terkait itu, jika dipertanyakan, maka menyalahi PO 04,” terangnya didampingi Wakil Ketua OKK DPD Partai Golkar Karangasem, Wayan Sekep; dan Wakil Sekretaris DPD Partai Golkar Bali, Muamar Khadafi.

Menyikapi kedudukan baru Sumadi, urainya, DPD Golkar Karangasem mengadakan rapat pleno. Pada kesempatan itu Sumadi menyatakan tidak ada persoalan dirotasi, malah menilai saat ini momentum tepat karena sudah 2,5 tahun menduduki jabatan itu. Pleno lalu memutuskan mengirim lima nama calon Ketua Fraksi Golkar Karangasem ke DPD Golkar Bali, yang semuanya pengurus harian. Dengan pertimbangan kesinambungan, DPD Golkar Bali memilih Badra yang sebelumnya mengampu Sekretaris Fraksi Golkar Karangasem.

Baca juga :  PB PASI Janjikan Bonus jika Zohri dan Sapwaturrahman Pecahkan Rekor

“Sumadi juga berterima kasih karena dipercaya 2,5 tahun sebagai Ketua Fraksi, juga minta maaf jika ada kekurangan dan menegaskan siap menjalankan perintah pimpinan dan PO yang berlaku. Jadi, ini murni karena menjalankan amanat aturan partai, bukan hal lain seperti diisukan di luar,” paparnya.

Adanya tuduhan halus oleh kader lain bahwa Sumadi disingkirkan karena kritis terhadap kebijakan Pemkab Karangasem, meski diiringi tersenyum, Sumba Negara tegas membantah. “Nggak ada urusan dengan sikap kritis ke Pemerintah Karangasem, justru Pak Sugawa Korry (Ketua DPD Partai Golkar Bali) ingin fraksi kritis jika mengoreksi pemerintah tapi juga solutif. Pak Sugawa mendorong kritis, bukan malah mengorbankan kader. Nggak ada cerita begitu,” sahutnya sembari mengipas tangan.

Wayan Sekep mengimbuhi, roling Ketua Fraksi Golkar Karangasem setiap 2,5 tahun juga bagian dari konvensi atau kebiasaan partai sejak 2009. Misalnya dia pribadi yang menjabat Ketua Fraksi pada 2009-2012 dan diganti I Nengah Sumardi sampai 2014. Kemudian I Wayan Tama periode 2014-2017, digantikan I Nengah Sudarsa untuk periode 2017-2019. “Tahun 2019-2022 dijabat Nyoman Sumadi, dan mulai 2022 sampai sekarang I Ketut Badra sebagai Ketua,” paparnya.

Terhadap para kader, Suamba Negara berkata jika ada kritik ke fraksi atau DPD agar disalurkan ke internal sesuai budaya di Golkar. Setiap kader juga diundang jika ada kegiatan partai, meski tetap menyesuaikan kapasitas dan kedudukan. Jika pengurus DPP misalnya, tentu tidak dilibatkan dalam acara internal DPD, kecuali kegiatan umum.

Baca juga :  TPP Pegawai di Bangli Dipastikan Segera Cair

Dia mengklaim DPD senang kritik, tapi hendaknya proporsional, bijak, dan tetap mengedepankan intelektual. Apa artinya kader tidak boleh bicara ke media? “Ke media itu untuk yang didelegasikan. Jika ada kritikan kan bisa disampaikan saat rapat, tidak mesti ke media,” tandasnya. hen

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.