Setelah Gantung Sepatu, Pemain Senior Bali United Ini Ingin Jadi Pelatih Timnas

  • Whatsapp
PEMAIN bertahan Bali United, Leonard Tupamahu (kiri). foto: ist

PEMAIN senior Bali United Leonard Tupamahu mengungkapkan keinginannya untuk menjadi pelatih tim nasional (Timnas) Indonesia selepas gantung sepatu sebagai pemain profesional.

Dilansir dalam laman resmi klub, Leonard kini sudah menginjak usia 37 tahun. Usia itu tergolong sudah tua sebagai pemain sepakbola dan ia belum berencana untuk pensiun dalam waktu dekat.

Bacaan Lainnya

“Ya mungkin saja jika Tuhan mengizinkan saya bermain sampai usia 50 tahun. Tapi target pribadi saya sampai usia 40 tahun. Saya jalani jika masih diberikan kesehatan dan kekuatan. Jika pensiun dari sepak bola ingin melanjutkan karier pelatih dan mimpi saya ingin menjadi pelatih Timnas Indonesia,” ujar Leonard.

Untuk menggapai mimpinya tersebut, ia telah mengikuti lisensi kepelatihan sejak 2017 lalu. Kini mantan pemain Persija Jakarta itu telah mengantongi lisensi kepelatihan C. Kedepannya, Leonard akan mengambil lisensi kepelatihan B hingga A Pro.

Ia menargetkan ketika tiba waktunya untuk gantung sepatu, minimal telah memiliki lisensi kepelatihan B atau A. Adapun syarat yang harus dipenuhi agar bisa melatih klub Liga 1 wajib memiliki lisensi A AFC, sementara Liga 2 minimal harus mengantongi B AFC.

“Saya sebenarnya sudah punya Lisensi C dari tahun 2017. Pada waktu itu Coach Ricky Nelson yang sarankan saya ambil saat masih menjadi bagian tim Borneo FC,” kata Leonard, yang dilansir dari antaranews.

“Lisensi B juga sudah diminta untuk ambil lagi, tapi karena padatnya kompetisi dan situasi saat ini, jadi saya tunda dulu. Saya memang sudah punya rencana, sebelum pensiun jadi pemain bola, saya sudah punya pegangan Lisensi Kepelatihan B atau A,” pungkas Leonard. yes

Baca juga :  Duh, 8 Pasien Covid-19 di Bali Meninggal Dunia dalam 4 Hari

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.