Semua Komisioner KPU Siap Bertugas, Staf Reaktif Diisolasi

  • Whatsapp
ANGGOTA KPU Bali, I Gede John Darmawan, saat diambil sampel darah untuk tes cepat sebagai skrining awal virus Corona, Jumat (12/6/2020). Tes cepat dilakukan serentak di juga di enam KPU kabupaten/kota yang akan melaksanakan Pilkada 2020, dan semua komisioner dinyatakan nonreaktif. Foto: gus hendra
ANGGOTA KPU Bali, I Gede John Darmawan, saat diambil sampel darah untuk tes cepat sebagai skrining awal virus Corona, Jumat (12/6/2020). Tes cepat dilakukan serentak di juga di enam KPU kabupaten/kota yang akan melaksanakan Pilkada 2020, dan semua komisioner dinyatakan nonreaktif. Foto: gus hendra

DENPASAR – Jajaran komisioner KPU Bali dan KPU kabupaten/kota percaya diri melanjutkan tahapan Pilkada 2020 yang akan mulai 15 Juni mendatang. Semangat itu tak lepas dari hasil rapid test (tes cepat) semua komisioner dinyatakan nonreaktif, meski ada dua staf masing-masing di KPU Bali dan KPU Badung hasilnya dinyatakan reaktif. “Kami siap bertugas melanjutkan tahapan Pilkada 2020. Untuk pelaksanaan tes cepat kepada PPK, PPS dan PPDP akan diinformasikan lebih lanjut,” seru anggota KPU Bali, I Gede John Darmawan, usai tes cepat, Jumat (12/6/2020).

Total ada 270 orang terdiri dari komisioner dan staf KPU Bali dan enam KPU kabupaten/kota yang menjalani tes cepat. KPU Denpasar sebanyak 37 orang, KPU Bangli (38), KPU Jembrana (36), KPU Tabanan (35), KPU Karangasem ada 31 orang dites cepat dan 3 orang absen karena sakit. Khusus di KPU Bali, dari 47 orang yang diperiksa, satu perempuan staf hasilnya reaktif. Sementara di KPU Badung dari 40 yang dites cepat, satu orang reaktif yakni petugas sekuriti.

Baca juga :  Daftar Jalan Kaki, Sinyal Amerta Kritisi Kondisi Kiwari

Mengenai staf KPU Bali yang reaktif, John berkata yang bersangkutan diisolasi secara protokol kesehatan, dan langsung lanjut dengan tes usap. Hanya, hasilnya baru bisa diketahui Sabtu ini. John menambahkan, staf sekretariat itu baru sembuh dari sakit dengan keluhan vertigo. “Yang hasilnya reaktif itu kan belum tentu positif, reaktif itu menunjukkan antibodinya bekerja karena ada virus atau bakteri. Semoga saja reaktif itu karena sakit biasa, bukan karena Corona,” imbuh Ketua KPU Bali, I Dewa Agung Lidartawan.

Di tempat terpisah, Ketua KPU Karangasem, I Gede Krisna Adi Widana, tes cepat dilakukan untuk memastikan seluruh penyelenggara tetap sehat dan mampu menjalankan tugas. Selain menjalankan tahapan pilkada, sebutnya, juga tetap menyosialisasikan bahwa untuk menyukseskan pemilihan agar masyarakat menerapkan protokol kesehatan seperti mengenakan masker, rajin cuci tangan, dan menjaga jarak.

Baca juga :  Bupati Gianyar dan Ketua TP PKK Serahkan Bantuan

Setelah tahap awal untuk lima komisioner dan puluhan staf KPU, tes cepat akan juga akan diwajibkan untuk PPK di kecamatan, PPS di tingkat desa/kelurahan, dan yang terakhir adalah PPDP yang bertugas memutakhirkan data pemilih pada saat mendekati pemilihan. “Kami akan kaji tes KPPS itu, jadi tahapan-tahapannya itu akan dijalankan agar memastikan semua penyelenggara sehat,” urainya.

Kegembiraan turut dirasakan komisioner KPU Tabanan usai tes cepat di UPTD Puskesmas Tabanan III pada hari yang sama. Hasil tes cepat mulai dari Ketua KPU Tabanan, I Gede Putu Weda Subawa; Sekretaris I Nyoman Swandika, dan para staf semuanya dinyatakan nonreaktif. Surat keterangan ditandatangani Kepala UPTD Puskesmas Tabanan III, dr. Ida Bagus Wisnu Wardana.

Baca juga :  Bali Tambah 1 Pasien Covid-19 Meninggal, Positif 38, Sembuh 40 Orang

“Sesuai arahan KPU Bali, kami dari KPU Tabanan telah melaksanakan tes cepat. Semua komisioner KPU Tabanan dan sekretariatan total sebanyak 35 orang,” kata Weda Subawa.

Tes cepat massal itu, sambungnya, untuk memastikan bahwa penyelenggara pilkada, khususnya KPU, terbebas dari Covid-19 sebelum melanjutkan tahapan pilkada. “Tes cepat ini kerjasama antara KPU Tabanan, Satgus Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Tabanan, dan Pemkab Tabanan,” tandasnya. hen/gap/017

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.