Selly Mantra Harap UKM Terus Bertahan di Masa Pandemi

  • Whatsapp
IA Selly Dharmawijaya Mantra saat menjadi narasumber dalam Talkshow Interaktif bertajuk “Peran Digitalisasi untuk UKM di Masa Pandemi” pada Sabtu (12/12/2020) malam. Foto: ist
IA Selly Dharmawijaya Mantra saat menjadi narasumber dalam Talkshow Interaktif bertajuk “Peran Digitalisasi untuk UKM di Masa Pandemi” pada Sabtu (12/12/2020) malam. Foto: ist

DENPASAR – Perubahan pola konsumsi barang dan jasa masyarakat dari offline ke online merupakan salah satu tantangan di masa pandemi saat ini. Perubahan pola tersebut, seyogyanya dapat diikuti pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) agar dapat tetap survive (bertahan), serta bisa berkembang sehingga mampu menghadapi kondisi saat ini. Demikian disampaikan IA Selly Dharmawijaya Mantra selaku Ketua Dekranasda Kota Denpasar saat menjadi narasumber dalam Talkshow Interaktif bertajuk “Peran Digitalisasi untuk UKM di Masa Pandemi” di Atrium Sidewalk Jimbaran, Sabtu (12/12/2020) malam.

Menurut Selly Mantra, keadaan ekonomi saat ini mengharuskan semua elemen masyarakat saling bahu-membahu untuk bersama bangkit. UKM menjadi salah satu sektor yang terdampak pada masa pandemi Covid-19. Tidak sedikit usaha yang bangkrut karena lesunya roda perekonomian dan daya beli masyarakat selama berbulan-bulan. Meski demikian, ada juga UKM yang mengambil langkah sebaliknya, menambah saluran pemasaran sebagai bagian strategi bertahan.

Bacaan Lainnya

Tidak hanya akan membantu UKM, perubahan teknologi niscaya menciptakan peluang baru yang berdampak pada munculnya lapangan kerja dan kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat. “Digitalisasi menjadi sebuah kebutuhan penting, terbukti di masa pandemi saat ini memberikan kenaikan pada pemanfaatan e-learning, e-commerce, literasi digital, hingga permintaan delivery,’’ ucapnya.

Baca juga :  Usai Lawan Bosnia-Herzegovina, Elkan dan Witan Tinggalkan TC Timnas U-19

Dia mengatakan, Pemerintah Kota Denpasar bersama Dekranasda Kota Denpasar terus mengambil langkah inovasi melaksanakan berbagai program hingga memotivasi para pelaku UKM untuk tetap eksis dan mampu beradaptasi di masa pandemi Covid-19. Program pengembangan UKM saat ini tidak dapat dilakukan seperti biasanya dengan mengadakan pertemuan, hingga menggelar pameran promosi produk. Akan tetapi, hal tersebut tidak menjadi sebuah halangan karena UKM dapat terus tumbuh dan berkembang melalui pemanfaatan teknologi di era digital saat ini.

Pemanfaatan platform digital yang dilakukan, salah satunya gelaran Denpasar Festival melalui platform kreativi.id sebagai tempat promosi untuk mendukung eksistensi dan penguatan UKM di masa pandemi Covid-19. “Berbagai program telah dilaksanakan Pemkot Denpasar Bersama Dekranasda Kota Denpasar, seperti gelaran Denpasar Festival melalui platform kreativi.id, fasilitasi marketplace, Gema Tridatu hingga workshop, webinar, dan bimtek secara rutin dilaksanakan,” jelas Selly Mantra.

Dia menyambut baik pelaksanaan talk show interaktif melalui aplikasi Zoom ini. Kegiatan ini diharapkan memberikan kontribusi dan mampu memberikan sebuah langkah penting eksistensi UKM yang ada, baik dalam pengelolaan maupun dalam promosi produk yang tetap pada disiplin protokol kesehatan. Dalam kesempatan tersebut hadir pula Putri Aryani selaku Regional Consumer Head Bali Nusra PT Bank Danamon Indonesia.Tbk. Sebelum talk show juga dilaksanakan pembukaan pameran UKM bertajuk “The Spirit of Women”. rap

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.