Selain di Alun-alun Gianyar, Kabel Semrawut di Ubud Juga Akan Ditanam

  • Whatsapp
BUPATI Gianyar, Made Mahayastra. Foto: adi
BUPATI Gianyar, Made Mahayastra. Foto: adi

GIANYAR – Kabel yang melintang di depan alun-alun Gianyar akan ditanam, sehingga pemandangan dari depan tidak semrawut lagi. Selain di alun-alun, kabel yang ditanam juga akan dilakukan di pusat pariwisata Ubud. Hal itu diungkapkan Bupati Gianyar, Made Mahayastra, Rabu (30/12/2020).

Dia menguraikan, sebelumnya rencana penanaman kabel semrawut di Ubud dijalankan pada tahun 2020. Namun, karena pandemi Covid-19, agenda tersebut terpaksa dibatalkan. “Penanaman kabel di Ubud rencananya pada 2020 ini, sudah ada anggaran secara teknis, tapi tidak bisa karena anggaran direfokusing dan ditunda,” jelasnya.

Bacaan Lainnya

Lebih jauh diungkapkan, teknis penanaman kabel ada dua macam, yakni kabel bertegangan rendah dan tegangan tinggi. Untuk tegangan rendah seperti di alun-alun Gianyar, kata dia, biayanya lebih murah. Kabel di alun-alun Gianyar yang panjangnya sekitar 200 meter, anggarannya sekira Rp300 juta. Di dalamnya sudah termasuk kabel Telkom dan PLN.

“Yang di Ubud tidak bisa (segitu), karena tegangan tinggi dan biaya lumayan mahal. Anggarannya di atas 25 miliar,” jelasnya.

Kabel di Ubud, sambung Mahayastra, akan ditanam dari patung Arjuna hingga barat Puri Saraswati. Jika tahun depan tidak ada halangan, pusat wisata Ubud akan ditata kembali untuk menarik wisatawan yang berkunjung. Secara teknis, pengerjaan akan dikerjakan pada malam hari mulai pukul 22.00 sampai pukul 05.00. Karena itu, dalam sehari diperkirakan hanya mampu mengerjakan lima meter saja.

Baca juga :  Kapolri Keluarkan Surat Telegram Pedoman Pengamanan Pilkada Serentak

Selain di pusat wisata Ubud, penataan juga akan dilakukan di sepanjang Jalan Raya Peliatan, terutama dalam penataan pedestrian untuk memperindah penampilan desa menuju pusat wisata Ubud. “Ini bertahap, di Peliatan akan ditata pedestrian, tapi penanaman kabel belum ada di sana,” pungkasnya. adi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.