Rumah Terbakar, Pemilik Luka-luka, Kerugian Puluhan Juta

PETUGAS Damkar Karangasem berusaha memadamkan api yang menghanguskan rumah milik I Nengah Alit Sutama (59) di Banjar Dinas Biaslantang Kaler, Desa Purwakerti, Kecamatan Abang, Kamis (12/1/2023). Foto: ist

KARANGASEM – Kebakaran rumah di Banjar Dinas Biaslantang Kaler, Desa Purwakerti, Kecamatan Abang mengakibatkan pemilik rumah, I Nengah Alit Sutama (59), mengalami luka-luka. Selain itu, amukan api pada Kamis (12/1/2023) dini hari itu juga menimbulkan kerugian material ditaksir mencapai Rp90 juta.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, kebakaran berlangsung sekitar pukul 00.20 Wita. Ketika penghuni rumah dan warga sekitar tengah tertidur pulas, api besar tiba-tiba saja menyala dan membakar kamar, kamar suci dan bangunan dapur dari rumah berukuran 10 x 9 meter. Begitu menyadari rumahnya terbakar, Sutama kontan kaget, bangun dan menyelamatkan diri.

Bacaan Lainnya

Sial baginya. Kala tengah menyelamatkan diri, dahinya terkena pecahan kaca yang terpental akibat panasnya api. Di tengah kepanikan, dia sempat memukul kulkul bulus yang ada di balai banjar, berharap datang bantuan dari warga sekitar.

Mendengar kulkul, sontak seluruh warga berhamburan keluar rumah dan mencoba memadamkan api dengan peralatan seadanya. Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Karangasem kemudian dikerahkan untuk menangani musibah ini.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Karangasem, I Nyoman Siki Ngurah, mengaku menurunkan sembilan personel dengan menggunakan empat armada kebakaran. Sedikitnya 8.000 liter air disiramkan untuk memadamkan api. “Korban yang mengalami luka robek di bagian dahi sudah dilarikan ke RSUD Karangasem oleh keluarganya. Untuk penyebab kebakaran, akibat dari korsleting listrik,” katanya.

Baca juga :  Satgas Bersama Forkopimda Pantau Hari Pertama PPKM Darurat di Denpasar

Berkat kerja keras Damkar Karangasem bersama warga, kebakaran bisa dipadamkan sekitar 40 menit setelah dilaporkan. 11 rumah warga sekitar dan Pura Dadia Pande yang ada di sebelahnya selamat dari jilatan api. nad

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.