Rai Iswara Pensiun, Made Toya Pjs Sekda

  • Whatsapp
I Made Toya. Foto: ist
I Made Toya. Foto: ist

DENPASAR – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Denpasar, AA Ngurah Rai Iswara, resmi pensiun sebagai aparatur sipil negara (ASN) per 1 November 2020. Sambil menunggu proses lelang jabatan, Asisten I Setda Kota Denpasar, I Made Toya, diangkat sebagai Pejabat Sementara (Pjs) Sekda Kota Denpasar untuk sementara waktu sampai ada Sekda definitif.

“Pak Rai Iswara pensiun per 1 November kemarin. Karena belum ada Sekda yang baru, Pemkot Denpasar mengusulkan Pak Toya sebagai Pjs Sekda ke Pemprov Bali. Tinggal menunggu SK dan pelantikan saja, mungkin dalam minggu-minggu ini,” terang Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai, dikonfirmasi Senin (2/11/2020).

Bacaan Lainnya

Dijelaskan, lowongnya jabatan Sekda Kota Denpasar karena Lelang Jabatan Sekda ditunda. Penundaan tersebut karena belum ada izin dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dengan alasan masih dalam proses pemilihan kepala daerah (pilkada). Oleh karena itu, dipastikan Lelang Jabatan Sekda baru bisa dilakukan setelah berakhirnya proses Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Denpasar, 9 Desember 2020 mendatang.

Sebelumnya, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Denpasar, I Wayan Sudiana, pekan lalu, mengungkapkan pihaknya sudah membentuk Panitia Seleksi (Pansel) Lelang Jabatan Sekda Kota Denpasar pada Agustus 2020 lalu. Pansel beranggotakan 5 orang, terdiri dari 2 pejabat Pemprov Bali dan 3 orang akademisi.

Baca juga :  Pasien Sembuh Meningkat Jadi 19.241, Positif Bertambah 1.051, Meninggal 35 Orang

Pembentukan Pansel dan persiapan seleksi pun sudah dilaporkan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dan surat persetujuan sudah diturunkan untuk melakukan seleksi. “Kami sudah pembentukan pansel dan juga sudah diberikan rekomendasi oleh KASN, tetapi saat kami mengajukan seleksi Sekda ke Provinsi dan Provinsi mengirim ke Kemendagri, rekomendasinya ditunda dengan alasan pilkada 2020,” jelas Sudiana.

AAN Rai Iswara pensiun setelah menjabat Sekda Kota Denpasar selama kurang lebih 11,5 tahun. Ia dilantik sebagai Sekda sejak tahun 2009. Sebelum mengakhiri jabatannya, Rai Iswara sempat berpamitan dari jajaran Pemkot Denpasar, Forum Koordinasi Sekretaris Daerah (Forsesdasi) se-Bali, dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Denpasar pada acara Hari Ulang Tahun ke-60 Rai Iswara, Jumat (23/10/2020).

Rai Iswara mengawali karir menjadi seorang PNS/ASN dengan menjadi Lurah di Kelurahan Pemecutan hingga menjadi orang nomor satu di jajaran birokrat Pemkot Denpasar. Selama menjadi Sekda, pria asal Puri Jambe Celagigendong, Pemecutan ini sudah sangat kenyang pengalaman. Dia pun mengucapkan terima kasih atas dukungan serta bantuan semua pihak sehingga proses pengabdian menjadi Sekda Kota Denpasar dapat terlaksana dengan baik. 026

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.