Lidartawan : Jadwalkan Lipat Surat Suara

  • Whatsapp
I Dewa Agung Gede Lidartawan. Foto: gus hendra
I Dewa Agung Gede Lidartawan. Foto: gus hendra

MAKIN dekatnya jadwal pemungutan suara Pilkada 2020, berkonsekuensi mesti kian agresifnya jajaran KPU kabupaten/kota mengantisipasi segala persoalan logistik. Apalagi pada bulan Desember lumrah terjadi cuaca ekstrem, termasuk hujan deras berakibat banjir. “Kita tidak bisa memastikan besok cuaca cerah atau hujan biasa, semua kemungkinan harus diantisipasi. Jangan sampai rekan komisioner kelabakan kalau misalnya terjadi banjir, dan gudang penyimpanan logistiknya kebanjiran,” cetus Ketua KPU Bali, I Dewa Agung Gede Lidartawan, Senin (2/11/2020).

Dia menekankan pentingnya memperhatikan gudang logistik, karena ada pengalaman gudang KPU Badung dikuasai banjir pada Desember 2018 silam. Ketinggian air yang mencapai 50 centimeter saat itu mengakibatkan logistik Pemilu Serentak 2019 terendam, dan ribuan kotak suara serta ratusan bilik suara rusak. Agar insiden serupa tidak terulang, Lidartawan menyerukan para komisioner mengantisipasi sejak awal, senyampang masih ada waktu.

Bacaan Lainnya

Hal lain yang ditekankan yakni mendata dan menyortir betul logistik yang sudah diterima, misalnya tinta untuk jari. “Jadi, harus benar-benar diperiksa jumlahnya, kalau ada kurang atau rusak agar segera melapor agar selekasnya ditangani. Jangan sampai kejadian seperti di Buleleng waktu Pemilu 2019 lalu, logistiknya bermasalah. Kita ini kan berpacu dengan waktu sekarang,” urai mantan Ketua KPU Bangli dua periode tersebut.

Baca juga :  Kampung Sehat Mampu Tekan Penyebaran Covid-19 di NTB

Jadwal kegiatan lain yang mesti masuk daftar prioritas KPU kabupaten/kota yang melangsungkan pilkada, tambahnya, yakni menyiapkan pelipatan surat suara. Walau terkesan tidak begitu sulit, tapi jika tidak dirancang dengan matang, pelipatan suara bisa jadi “mimpi buruk” bagi KPU. “Iya, melipat suara itu kan tidak bisa sehari dua hari selesai. Yang mengerjakan juga banyak orang, makanya ini mesti jadi perhatian rekan-rekan KPU di kabupaten/kota,” pungkasnya. hen

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.