Pramuka Aset Penting Pengawasan Pemilu Partisipatif

  • Whatsapp
I Ketut Rudia. Foto: Ist
I Ketut Rudia. Foto: Ist

BANGLI- Pengawasan jalannya pemilu, terutama yang bersifat partisipatif, agar sesuai aturan main, menjadi menu utama lahirnya pilihan publik yang berkualitas. Memerankan pengawasan partisipatif itu, Pramuka dinilai memiliki peran strategis dan menjadi aset penting bagi Bawaslu. “Saya melihat Gerakan Pramuka memiliki semangat dan karakter sangat kuat menjadi perpanjangan tangan Bawaslu, untuk menyampaikan informasi mengenai pemilu atau pemilihan kepada masyarakat,” cetus anggota Bawaslu Bali, I Ketut Rudia, dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Pengawasan Pemilihan Partisipatif pada Pilkada Bangli 2020 di Kintamani, Selasa (3/11/2020).

Menurut Rudia, misi Bawaslu adalah mengajak seluruh komponen masyarakat berpartisipasi aktif melakukan pengawasan. Pramuka sebagai salah satu entitas di masyarakat juga masuk dalam daftar yang digandeng Bawaslu. Menimbang siginifikannya Gerakan Pramuka itu, Rudia berharap Pramuka mampu berkontribusi aktif menyukseskan pesta demokrasi di Bangli.

Bacaan Lainnya

“Partisipasi yang dimaksud yaitu bagaimana teman-teman Gerakan pramuka mampu bersinergi dengan Bawaslu memberi pendidikan politik, setidaknya di lingkungan sendiri atau ke masyarakat luas. Lebih-lebih dapat memberi informasi ke Bawaslu jika ada dugaan pelanggaran pemilu yang terjadi,” urai mantan jurnalis tersebut.

Untuk diketahui, setelah dilantik pada 2 Oktober lalu, Saka Adhyasta Bawaslu Kabupaten Bangli merancang program satuan karya (saka) untuk mengawal kesuksesan Pilkada Bangli 2020. Program kegiatan saka Pramuka, yang merupakan wadah kegiatan keadhyastaan (pengawalan) pemilu ini, diklasifikasi sesuai krida yang ada. “Yakni Krida Pencegahan, Krida Pengawasan dan Krida Penindakan,” jelas Sekretaris Kwarcab Bangli, I Nengah Wikrama, dalam rakor tersebut.

Baca juga :  BUMDes Kunci Penguatan Ekonomi Desa

Wikrama menguraikan, program kegiatan dari Krida Pengawasan seperti kegiatan sosialisasi pemilu luber dan jurdil, kampanye tolak politik uang, kampanye tolak politik SARA, dan juga kampanye tolak berita hoaks. Dalam Krida Pengawasan akan dilakukan pengaduan atau jemput informasi mengenai tahapan pemilihan yang berjalan. Sementara Krida Penindakan akan ikut berkontribusi dalam menindak pelanggaran pemilu.

“Dengan dirancangnya program saka ini, maka Saka Adhyasta Bawaslu Kabupaten Bangli tidak hanya dibentuk dan dilantik, melainkan dapat berkontribusi nyata dalam menyukseskan Pilkada Bangli 2020,” cetus Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bangli itu. hen

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.