Posyandu Melati Banjar Tegeh Sari Tonja Raih Penghargaan Nasional

  • Whatsapp
PELAKSANAAN posyandu di Banjar Tegeh Sari, Kelurahan Tonja, Kota Denpasar beberapa waktu lalu. Foto: ist
PELAKSANAAN posyandu di Banjar Tegeh Sari, Kelurahan Tonja, Kota Denpasar beberapa waktu lalu. Foto: ist

DENPASAR – Pos Pelayanan Keluarga Berencana – Kesehatan Terpadu (Posyandu) Melati Banjar Tegeh Sari, Kelurahan Tonja, Kota Denpasar berhasil meraih prestasi di tingkat nasional. Posyandu ini menjadi peringkat 6 dari 10 besar Posyandu Teraktif dalam Aplikasi i-Posyandu Tahun 2020 yang dilaksanakan Astra.

Lurah Tonja, Ade Indahsari Putri, menjelaskan prestasi ini tak lepas dari semangat dan komitmen besar dari kader Posyandu Melati Banjar Tegeh Sari untuk tetap memberikan pelayanan maksimal bagi masyarakat meski di tengah pandemi. Karenanya, dengan menggunakan aplikasi i-Posyandu pelayanan kepada masyarakat dapat dimaksimalkan dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) yang ketat.

Bacaan Lainnya

“Tentunya kami sangat bangga, Posyandu Melati Banjar Tegeh Sari sukses menjadi posyandu teraktif peringkat 6 nasional melalui aplikasi i-Posyandu,” ungkap Ade Indahsari, saat dikonfirmasi Minggu (15/11/2020).

Dikatakan lebih lanjut, penghargaan ini diinisiasi oleh PT Astra yang bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan RI guna mendukung maksimalnya pemenuhan kesehatan masyarakat. Kegiatan yang diikuti oleh Posyandu seluruh Indonesia ini memiliki beberapa indikator penilaian. Di antaranya, tingkat keaktifan dalam pelaksanaan posyandu dengan menggunakan aplikasi i-Posyandu. Kader posyandu dapat melaksanakan pengecekan kondisi bayi, pemberian vitamin, serta pelaporan rutin berkala secara terpadu dalam satu aplikasi.

Baca juga :  Ida Ayu Ratih Herawati : Perempuan Harus Kreatif di Tengah Pandemi

“Kader posyandu dapat melihat perkembangan balita dari aplikasi, sehingga tidak perlu berkumpul di suatu tempat. Selain lebih efektif dan efisien, juga menjadi upaya penerapan protokol kesehatan yang disiplin,” terangnya.

Menurut Ade Indahsari, prestasi ini tentunya menjadi semangat baru untuk lebih memaksimalkan peran dan fungsi posyandu di masyarakat. Keberhasilan ini juga akan menjadi percontohan agar dilaksanakan oleh seluruh posyandu di Kelurahan Tonja maupun di Kota Denpasar.

“Semoga ini dapat menjadi percontohan dalam melaksanakan posyandu di masa pandemi yang akan diketoktularkan kepada banjar lainnya. Untuk kader posyandu, kami sampaikan terima kasih dan terus bersemangat dalam memberikan pelayanan maksimal bagi masyarakat,” katanya. 026

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.