Petugas Damkar Karangasem Dilatih Penyelamatan dan Evakuasi

  • Whatsapp
PETUGAS pemadam kebakaran (Damkar) Kabupaten Karangasem dilatih keterampilan penyelamatan dan juga evakuasi dari Basarnas Karangasem. Foto: ist

KARANGASEM – Puluhan petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Karangasem dilatih keterampilan penyelamatan dan juga evakuasi dari Basarnas Karangasem.

Kepala Dinas Damkar Karangasem, I Nyoman Siki Ngurah, Jumat (7/1/2022) mengatakan, pelatihan ini dilakukan guna meningkatkan kemampuan para petugas damkar. Sebab, saat ini Dinas Damkar berubah nama menjadi Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan.

Bacaan Lainnya

“Sebenarnya untuk olahraga bersama dengan Basarnas, kami lakukan sejak akhir November tahun lalu. Tapi, khusus latihan penyelamatan dan evakuasi, baru dimulai sejak kemarin,” jelasnya.

Siki Ngurah menyebutkan, sebanyak 50 petugas damkar yang mendapat latihan keterampilan penyelamatan dan evakuasi seperti latihan penyelamatan orang tersesat di gunung, kecelakaan, evakuasi binatang yang nyemplung ke sumur dan lain sebagainya. Pendek kata, di luar tugas utama damkar yakni melakukan pemadaman api.

Dari 50 petugas yang mengikuti pelatihan, sambungnya, akan dipilih 10 orang untuk dijadikan sebagai tim rescue (penyelamat) oleh Basarnas Karangasem. Mereka akan ikut saat ada proses penyelamatan dan evakuasi di lapangan.

“Semoga dengan adanya latihan ini dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan para petugas damkar saat terjadi musibah. Jadi, bisa lebih sigap untuk menolong masyarakat,” cetusnya memungkasi. nad

Baca juga :  Tiga Karyawan Toko Bangunan Positif Corona

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.