Permudah Lapor Pelanggaran, Bawaslu Segera Luncurkan “Sigap Lapor”

TIM Monitoring dan Evaluasi (Monev) Bawaslu Bali berkunjung ke Bawaslu Gianyar, guna memastikan kesiapan penerapan Sigap Lapor, Rabu (6/4/2022). Foto: ist

GIANYAR – Memastikan kesiapan penerapan Sistem Informasi Penanganan Pelanggaran dan Laporan (Sigap Lapor), Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) Bawaslu Bali berkunjung ke Bawaslu Gianyar, Rabu (6/4/2022).

Tim monitoring Bawaslu Bali dipimpin komisioner Bawaslu Bali, I Wayan Wirka; didampingi Kepala Bagian Penanganan Pelanggaran, Penyelesaian Sengketa dan Hukum Bawaslu Bali, I Made Aji Swardana; dan staf diterima anggota serta Koordinator Sekretariat Bawaslu Gianyar.

Bacaan Lainnya

Wayan Wirka mengatakan, kedatangan Tim Monev Bawaslu Bali untuk memastikan kesiapan untuk peluncuran aplikasi Sigap Lapor. Kesiapan dimaksud yakni sarana dan prasarana, maupun kesiapan SDM.

Kordiv Penanganan Pelanggaran Bawaslu Bali memaparkan, aplikasi Sigap Lapor merupakan salah satu terobosan dari Biro Fasilitasi Penanganan Pelanggaran Bawaslu RI dengan memanfaatkan teknologi demi kepentingan pelayanan publik.

Selain mempermudah masyarakat dalam melaporkan pelanggaran Pemilu maupun Pilkada secara daring, juga mempermudah permintaan data yang berkenaan dengan penanganan pelanggaran.

“Ini tentu merupakan terobosan yang sangat baik bagi Bawaslu di tengah perkembangan teknologi informasi ini. Aplikasi ini disiapkan dengan tujuan untuk mempermudah masyarakat mencari keadilan pemilu,” jelasnya.

Lebih lanjut Wirka menekankan, dalam pengelolaan aplikasi Sigap Lapor ini ada hal-hal yang harus dipersiapkan. Misalnya perangkat komputer, koneksi internet yang baik, dan tentunya didukung SDM yang baik juga. Menurutnya, ketersediaan perangkat tersebut harus menjadi perhatian paling penting.

Baca juga :  Sandiaga Uno Berkantor di Bali

“Jangan sampai perangkat untuk aplikasi Sigap Lapor ini tidak mumpuni sesuai dengan spesifikasi. Jadi, ketika ada pengaduan laporan dari masyarakat, perangkat ini bisa digunakan secara efektif dan maksimal,” lugasnya.

Sebagai penutup, mantan advokat tersebut menyampaikan harapan untuk kesiapan Bawaslu kabupaten/kota dalam mengoperasikan aplikasi Sigap Lapor.

“Saya berharap Bawaslu kabupaten/kota siap untuk menggunakan aplikasi yang akan segera diluncurkan ini. Dengan adanya aplikasi ini, semoga partisipasi masyarakat untuk berani melapor ke Bawaslu makin meningkat,” pesannya. adi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.