Perkuat Ketahanan Pangan dengan Tanaman Porang

  • Whatsapp
BUPATI I Made Gianyar menanam bibit porang bersama warga. Foto: girinata
BUPATI I Made Gianyar menanam bibit porang bersama warga. Foto: girinata

BANGLI – Menjaga ketahanan pangan masyarakat, Bupati Bangli, I Made Gianyar, menanam bibit porang di lahan Kelompok Usaha Bersama (Kube) Bukit Sari di Banjar Dinas Penaga, Desa Yangapi, Rabu (21/10/2020). Turut hadir Kepala Dinas PKP, I Wayan Sarma; Camat Tembuku, IB Putu Suandi; perwakilan PT Porang Indo Bali, anggota Kube, dan undangan lainnya.

Ketua Kube Bukit Sari, I Nengah Kesel, mengatakan, Kube yang dikelola itu berdiri tahun 2019 dengan 50 anggota, dan luas lahan yang dikelola 1,5 hektar. Kelompok tani ini, sebutnya, mengembangkan bibit porang yang untuk Bangli baru kelompoknya yang mengembangkan. Bibit porang yang budidayakan sebanyak 250 kg biji, tersebar di seluruh lahan Kube Bukit Sari.

Bacaan Lainnya

“Dalam hal pengembangan dan pemasaran hasil budidaya tanaman porang, kami bekerja sama dengan PT Porang Indo Bali. Dana yang kami gunakan disponsori oleh Koperasi Sri Dandan,” jelasnya. 

Bupati Made Gianyar dalam sambutannya menyampaikan, pada era kekinian, para petani harus mempunyai terobosan tertentu untuk bisa bersaing dengan petani yang berkembang. “Saya sebagai Bupati baru pertama kali melihat kelompok tani yang mengembangkan tanaman porang di Bangli. Ini patut ditiru petani-petani lain, karena sudah berani mengambil terobosan baru dengan menanam pohon porang,” pujinya.

Baca juga :  Kebakaran Restoran Dream Island Mertasari Diduga Karena Ini

Made Gianyar juga menyampaikan, pada masa pandemi Covid-19 ini, semua pihak diajak berkreatif diri demi memajukan perekonomian. Dengan adanya budidaya pohon porang, sambungnya, mudah-mudahan bisa ditiru para petani dan juga para wirausaha lainnya. “Semoga bisa ikut membudidayakan pohon porang, dan hasilnya siap dipasarkan PT Porang Indo Bali,” ajaknya. 028

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.