Perbekel Pejeng Kawan Dukung Bangkitnya Arak Tatiapi

  • Whatsapp
PERBEKEL Pejeng Kawan, Anak Agung Gede Oka. foto: adi

GIANYAR – Rencana DPC PDIP Gianyar membangkitkan kembali arak asli Banjar Tatiapi, Desa Pejeng Kawan, Tampaksiring dinilai sangat baik. Agenda itu juga sejalan dengan keinginan menjadikan Pejeng Kawan sebagai desa wisata. Hal itu diungkapkan Perbekel Pejeng Kawan, Anak Agung Gede Oka, Selasa (6/4/2021).

Arak tatiapi, sebutnya, dulu sempat terkenal. Sayang, beberapa generasi belakangan ini tidak ada lagi yang memproduksinya. Kalau ingin membangkitkan kembali arak tatiapi, harus dimulai dari nol.

Bacaan Lainnya

Secara pribadi, dia menyambut baik rencana itu, dan siap mengumpulkan tokoh masyarakat agar mendukung dibangkitkanya arak tatiapi. “Ini bisa menjadi pendukung desa wisata yang ingin dirintis,” ungkapnya.

Keinginan membangkitkan arak tatiapi diungkapkan Sekretaris DPC PDIP Gianyar, I Ketut Sudarsana, di sela-sela lomba mixologi arak bali yang digelar PDIP Gianyar.

Kata dia, bekerja sama dengan Politeknik Negeri Bali, PDIP Gianyar akan menjadikan Banjar Tatiapi sebagai proyek percontohan “Kampung Arak”. ”Arak tatiapi dulu sangat terkenal, ini yang akan kami bangkitkan,” jelasnya.

Sebagai proyek percontohan, kata Sudarsana, pelaku industri arak di Banjar Tatiapi akan diberi pembinaan mengenai produksi arak yang lebih higienis menggunakan alat yang lebih canggih. Mereka juga akan diberikan pembinaan terkait pemasaran arak.

Baca juga :  UPTD Lab Perkebunan Jadi Tempat Karantina Corona di Gianyar

Selain itu, sambungnya, PDIP Gianyar juga akan berkoordinasi dengan Bappeda Gianyar mengenai desain paket wisata.

Dalam hal ini, jelasnya, paket wisata yang ditawarkan melibatkan sejumlah desa seperti Banjar Blangsinga, Desa Saba (Kecamatan Blahbatuh) dengan wisata air terjun, Desa Kemenuh (Kecamatan Sukawati) dengan vila atau kawasan menginapnya.

Kemudian Desa Singapadu Kaler (Kecamatan Sukawati) dengan atraksinya, dan Desa Pejeng Kawan (khususnya Banjar Tatiapi) dengan minuman araknya sebagai penghangat badan.

“Ini satu paket wisata yang akan kami garap, yang semua berujung pada kesejahteraan masyarakat,” urainya menandaskan. adi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.