Pemerintah Australia Diminta Buka Akses bagi Pelajar NTB

  • Whatsapp
GUBERNUR NTB, Zulkieflimansyah, saat menyambut Delegasi Virtual secara daring antara NTB dan Northern Territory, Kamis (19/11/2020). Foto: ist
GUBERNUR NTB, Zulkieflimansyah, saat menyambut Delegasi Virtual secara daring antara NTB dan Northern Territory, Kamis (19/11/2020). Foto: ist

MATARAM – Kerjasama yang terjalin antara Provinsi NTB dengan salah satu wilayah federal Australia, yakni Northern Territory (NT) dibidang pendidikan vokasi, menuai atensi Gubernur NTB Zulkieflimansyah. 

Saat melakukan penyambutan Delegasi Virtual secara daring antara NTB dan Northern Territory. Gubernur Zul menyatakan, pendidikan dan pelatihan kejuruan atau Vocational Education and Training (VET) dengan pemerintah Indonesia sangat tepat dilakukan.

Bacaan Lainnya

Bang Zul memastikan dirinya sangat mendukung program VET ini. Bahkan, ia juga mendukung kehadiran komunitas pelaku usaha dan investasi di daerah ini. 

“Ini agar gagasan untuk kerja sama antara NTB dan Northern Territory tak hanya sesuatu yang ditunggu-tunggu, tetapi juga dapat berjalan dengan baik kedepannya,” kata Gubernur, Kamis (19/11/2020).

Terakhir, Bang Zul berharap akses ke Australia segera dibuka kembali. “Sehingga kami bisa mengirim pelajar kami, dan juga masyarakat Australia dapat berkunjung ke NTB, terlebih tahun depan NTB akan sangat sibuk karena kami akan jadi tuan rumah MotoGP,”  ujar Gubernur.

Menurut Bang Zul, kerjasama VET ini,  sangat penting untuk meningkatkan SDM dan keterampilan, “Jadi silakan kunjungi NTB, dan saya senang pernah tinggal di Northern Territory, terima kasih kerjasamanya dan mudah-mudahan kita bisa menjalin kerjasama Northern dan NTB,” ucap Gubernur Zul.

Baca juga :  Huebatt Betul Kau Corona?

VET adalah pelatihan berbasis pekerjaan dan keterampilan yang dapat membantu peserta siap dalam bekerja dan juga terampil di bidang masing-masing. Dengan pelatihan yang fleksibel dan dapat diikuti paruh waktu atau waktu penuh, VET juga memberikan sertifikat bagi para peserta dan diakui secara nasional.

Program ini diinisiasi oleh Department Tourism, Industry and Trade Northern Territory yang memberikan kesempatan untuk melakukan magang ataupun pelatihan dalam upaya mengasah keterampilan praktis. 

Beberapa fokus VET antara lain; seni, hiburan, olahraga, automotif, konstruksi bangunan, pelayanan masyarakat, pendidikan dan kesehatan, keuangan, perbankan, asuransi, komunikasi, mesin dan pertambangan, pariwisata, teknologi dan ilmu pengetahuan, bisnis dan lain sebagainya.

Turut hadir dalam video daring tersebut, Mr. Mark Monaghan (Asisten Menteri untuk Pendidikan Internasional), Gulfan Afero (Konsul RI untuk Northern Territory) dan Ms Bronwyn Robbins (Konjen Australia di Makassar). 031

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.