Pedagang Pasar Rakyat Gianyar Bebas Retribusi Sementara, Penempatan Los Diundi

  • Whatsapp
ASISTEN Administrasi Ekonomi dan Pembangunan Gianyar, I Wayan Sadra; dan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Luh Gede Eka Suary, menyaksikan pengundian los Pasar Rakyat Gianyar. Foto: adi

GIANYAR – Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gianyar mengundi los untuk para pedagang yang akan menempati Pasar Rakyat Gianyar, Kamis (6/1/2022).

Pedagang yang akan direlokasi ke pasar baru tersebut merupakan pedagang lama yang terdata untuk mengikuti rangkaian pengundian los. Hal paling menggembirakan pedagang, mereka untuk sementara bebas biaya retribusi atau sewa selama enam bulan.

Bacaan Lainnya

Pengundian dihadiri Asisten Administrasi Ekonomi dan Pembangunan Gianyar, I Wayan Sadra; juga Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Gianyar, Luh Gede Eka Suary.

Luh Gede Eka Suary mengatakan, teknis pengundian dengan terlebih dahulu mengundang pedagang yang terdata dan terverifikasi saat perpindahan. Setelah mendapat undangan, mereka datang membawa surat undangan untuk diregistrasi dan langsung mengambil undian. 1.589 los Pasar Rakyat Gianyar.

Pengundian dilangsungkan selama tiga hari mulai 6 hingga 9 Januari.
“Pengundian los dibagi menjadi empat pos atau tempat berdasarkan jenis dagangannya dan lantai, agar tetap mematuhi protokol kesehatan,” terangnya.

Untuk sementara, sambungnya, selama enam bulan ke depan Pasar Rakyat Gianyar akan digratiskan. Setelah itu akan dilakukan subsidi silang berupa retribusi atau sewa dengan payung hukum Perda Retribusi. “Karena kesepakatan, selama enam bulan retribusinya akan digratiskan, dan setelah enam bulan baru diproses,” ungkapnya.

Baca juga :  Timnas Indonesia Lawan UAE Digelar di Bali

Salah seorang pedagang sayuran, Wayan Mas, mengaku semula ragu apakah bisa membayar sewa karena kondisi ekonomi lesu di tengah pandemi Covid-19. Namun, mendengar retribusi pasar akan digratiskan selama enam bulan, dia sangat berterima kasih kepada pemerintah.

Wayan Mas merasa sangat terbantu dan dapat meringankan beban dirinya. “Saya selaku pedagang kecil sangat berterima kasih, karena pedagang masih dikasih dispensasi untuk tidak membayar uang sewa selama enam bulan,” ucapnya bernada syukur.

Melihat kebersihan Pasar Rakyat Gianyar sekarang, dia berharap kepada teman-teman pedagang bisa menjaga kebersihan tersebut. Dengan demikian penampilan Pasar Rakyat Gianyar tetap bersih, nyaman, jauh dari kesan kotor dan kumuh. adi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.